Home » » Kenampakan Alam Negara tetangga

Kenampakan Alam Negara tetangga

Indonesia merupakan negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Dengan demikian, negara tetangga Indonesia adalah negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Negara tetangga adalah negara yang letaknya berdekatan atau berada di sekitar kita Negara tetangga Indonesia adalah Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Timor Leste. Asia Tenggara berbatasan dengan India di sebelah barat dan Cina di sebelah utara.

Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Asia Tenggara terletak di antara 23oLU – 11oLS dan 92oBT – 141oBT. Secara geografis, Asia Tenggara berada di antara 3 benua dan 2 samudra. Benua yang terletak di sekeliling kawasan Asia Tenggara yaitu Benua Asia, Benua Australia, dan Benua Amerika. Samudra yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Secara geografis, negara-negara tetangga letaknya berdekatan dengan Indonesia. Setiap negara memiliki kenampakan alam yang berbeda.

1. Malaysia
Luas wilayah Malaysia mencapai 329.758 km2. Luas wilayah tersebut terbagi menjadi 13 negara bagian. Di bagian barat terbagi menjadi 11 negara bagian, terdiri dari Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Trengganu. Bagian timur terdiri dari 2 negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak. Batas-batas wilayah Malaysia yaitu: Sebelah utara: Thailand dan Laut Cina Selatan, Sebelah timur: Laut Sulu, Sebelah selatan: Pulau Kalimantan, Sebelah barat: Selat Malaka.

Malaysia dikenal dengan nama Negeri Jiran. Negara ini berdekatan dengan wilayah Indonesia. Kenampakan alam Malaysia berbeda dengan Indonesia. Wilayah dari negara ini terdiri atas dua kawasan yang dipisahkan Laut Cina Selatan, yaitu Semenanjung Malaysia (Malaysia Barat) dan Malaysia Timur.

Malaysia Barat merupakan Jazirah Malaysia. Sementara itu, wilayah Malaysia Timur terdiri atas Sabah dan Sarawak. Bentuk wilayahnya berupa pantai yang landai hingga hutan lebat dan bukit tinggi. Salah satu contoh kenampakan alamnya adalah Gunung Kinabalu dengan tinggi 4.101 meter. Gunung ini terletak di Sabah, Malaysia.

2. Singapura
Luas wilayah Singapura sekitar 660 km2. Luas tersebut meliputi satu pulau utama, yaitu Pulau Singapura dan 60 pulau di sekitarnya.Singapura memiliki batas wilayah sebagai berikut: Sebelah utara: Selat Johor, Sebelah timur: Selat Karimata, Sebelah selatan: Selat Singapura, dan Sebelah barat: Selat Malaka.

Singapura merupakan sebuah negara kota. Letaknya di pengujung Semenanjung Malaysia. Wilayahnya berbatasan dengan Malaysia dan Kepulauan Riau. Negara ini memiliki 63 pulau dan beberapa pulau kecil. Salah satu kenampakan alam di Singapura adalah Bukit Timah setinggi 166 meter. Sekitar 23% wilayah Singapura berupa hutan dan cagar alam. Kawasan hutan dipakai untuk tempat tinggal karena meningkatnya urbanisasi.

Singapura di bangun oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1819. Sebelum dibangun Raffles, Singapura merupakan hutan dan rawa. Hampir seluruh wilayah Singapura merupakan dataran rendah yang rata. Sebagian kecil lainnya merupakan bukit kecil.Sungai-sungai tersebut antara lain Sungai Sembawang, Sungai Pong Siang, Sungai Mandai, dan Sungai Kallang.

3. Brunei Darussalam
Luas wilayah Brunei Darussalam hanya 5.765 km2. Luas wilayah tersebut mencakup 33 pulau kecil di sekitarnya. Batas-batas wilayah Brunei yaitu: Sebelah utara: Laut Cina Selatan, Sebelah timur: Serawak, Malaysia, Sebelah selatan: Serawak, Malaysia, dan Sebekah barat: Serawak, Malaysia.

Negara ini dikenal dengan sebutan negara petrodollar. Sebuah negara kecil di bagian utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Negara ini termasuk negara yang sangat makmur. Sebagian besar wilayahnya terdiri atas dataran rendah yang pantainya berawa. Sementara itu, daerah pedalaman terdiri atas bukit-bukit. Wilayah yang paling tinggi di Brunei adalah bukit Pagon. Bukit lainnya adalah bukit Peradayan dan Patoi. Brunei juga memiliki sungai-sungai besar di antaranya Sungai Batu Apol, Temburong, Belalong, Tutong, dan Damit.

4. Thailand
Luas wilayah Thailand mencapai 513.115 km2. Wilayah selatan Thailand terletak di Semenanjung Malaka. Batas-batas wilayah Thailand yaitu: Sebelah utara: Laos dan Myanmar., Sebelah timur: Kamboja dan Laos, Sebelah selatan: Teluk Siam dan Malaysia, dan Sebelah barat: Samudra Hindia dan Myanmar.

Kenampakan alam Thailand berupa tanah berliku, dataran tinggi, hutan, pegunungan, dan bukit-bukit. Puncak tertingginya berupa Gunung Doi Inthanon setinggi 2.576 meter. Wilayah tengah berupa lembah datar Sungai Chao Phraya yang mengalir ke Teluk Thailand.

Wilayah timur berupa hamparan Khorat dibatasi Sungai Mekong. Hamparan Khorat berupa dataran tinggi kira-kira 200 meter. Tanahnya kurang subur, berpasir, dan jarang turun hujan kecuali pada musim hujan. Wilayah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang meluas ke Semenanjung Melayu. Tanah Genting Kra berupa daratan sempit menghubungkan Semenanjung Melayu dengan daratan Asia. Tanah tersebut berfungsi sebagai batas dua bagian cordillera (rangkaian pegunungan) pusat dari Tibet dan Semenanjung Melayu.

5. Filipina
Luas wilayah Filipina sekitar 300.076 km2. Pulau-pulau di Filipina antara lain Pulau Luzon, Pulau Mindano, Pulau Mindoro, Pulau Palawan, dan Pulau Cebu. Batas-batas wilayah Filipina yaitu: Sebelah utara: Taiwan, Sebelah timur: Samudra Pasifik, Sebelah selatan: Laut Sulawesi dan Laut Sulu, dan Sebelah barat: Laut Cina Selatan.

Filipina merupakan negara kepulauan. Negara ini terdiri atas 7.107 pulau. Pulau terbesarnya adalah Pulau Luzon di sebelah utara dan Pulau Mindanau di sebelah selatan. Kenampakan alamnya berupa laut merupakan laut terdalam dengan kedalaman 10.400 meter. Letaknya di Palung Mindanau. Negara ini juga dilalui jalur gunung api Sirkum Pasifik. Puncak tertinggi adalah Gunung Apo setinggi 2.954 meter.

Filipina memiliki beberapa sungai utama di antaranya Sungai Cagayan, Pampanga, dan Agno yang terletak di Pulau Luzon, serta Sungai Agusan yang terletak di Pulau Mindanau. Sementara itu, danau-danau di Filipina adalah Laguna de Bay dan Danau Taal di Pulau Luzon, serta Danau Lanao dan Mainit di Pulau Mindanau. Itulah beberapa kenampakan alam di Filipina.
negara asean

6. Myanmar
Myanmar berbatasan dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Cina, Laos, dan Thailand di sebelah timur. Myanmar berbatasan dengan India dan Cina di sebelah utara. Wilayah perbatasannya berupa puncak Pegunungan Himalaya dengan ketinggian mencapai 4.600 meter. Rangkaian pegunungan yang memanjang di barat dan timur tersebut membentuk huruf V.

Wilayah Myanmar bagian barat terdapat rangkaian Pegunungan Arakan membentuk jurang terjal. Pegunungan yang dikenal dengan Naga, Chin, dan bukit Lushai merupakan perbatasan India dan Myanmar. Cekung Tengah Myanmar besar terletak di antara Dataran Tinggi Shan dan Pegunungan Tenasserim. Daerah ini dialiri Sungai Irawady serta beberapa anak sungai seperti Sittang, Chindwin, dan Delta Salween.

7. Vietnam
Vietnam merupakan negara yang terletak paling timur di Asia Tenggara. Wilayahnya berbatasan dengan Cina di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kampuchea di sebelah barat daya, dan Laut Cina Selatan di sebelah timur. Kenampakan alamnya berupa bukit-bukit, gunung-gunung berhutan lebat, dan dataran rendah.

Dataran tinggi berada di wilayah yang berbatasan dengan Laos. Puncak tertinggi adalah Gunung Phan Xi Pang dengan tinggi 3.143 meter. Gunung ini berada di Provinsi Lao Cai. Bagian utara Vietnam berupa tanah tinggi dan Delta Sungai Merah. Bagian selatan berupa pantai, Pegunungan Banjaran Annamite, hutan, dan tanah kurang subur.

8. Kampuchea
Wilayah Kampuchea berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di sebelah utara, Vietnam di sebelah timur, dan Teluk Thailand di sebelah selatan. Salah satu kenampakan alam di Kampuchea yang menarik berupa dataran lacustrine. Dataran ini terbentuk akibat banjir di Tonle Sap. Sungai Mekong juga mengalir di wilayah ini. Puncak tertingginya adalah Gunung Phnom Aoral setinggi 1.813 meter.

9. Laos
Laos adalah negara daratan di Asia Tenggara. Wilayahnya berbatasan dengan Myanmar dan Cina di barat laut, Vietnam di timur, Kampuchea di selatan, dan Thailand di barat. Delapan puluh persen wilayahnya berupa daratan dan dua puluh persen berupa perairan. Wilayah daratan berupa gunung yang diselimuti hutan lebat. Puncak tertingginya adalah Gunung Phou Bia setinggi 2.817 meter. Wilayahnya juga berupa dataran rendah dan dataran tinggi. Laos juga memiliki beberapa sungai besar.


Sungai di Laos merupakan sarana transportasi. Sungai besar yang mengalir di Laos adalah Sungai Mekong dan Ngum. Sungai Mekong dijadikan media komunikasi bagi penduduk Laos bagian utara dan selatan. Anak Sungai Mekong menyediakan jalan alam menuju pedalaman yang bergunung-gunung. Rangkaian pegunungan dari Rantai Annam membentuk perbatasan dengan Vietnam.

10. Timor Leste
Republik Demokratik Timor Leste (Timor-Leste atau Timor Lorosa’e) merupakan negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur Pulau Timor. Wilayahnya meliputi Pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan Exclave Oecussi- Ambeno di Timor Barat. Negara ini berada di Dangkalan Sahul terletak sekitar 845 km barat laut dari Australia. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan dengan beberapa danau dan hutan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:28 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....