Home » » Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia akan selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Dengan hubungan tersebut dapat menimbulkan adanya pertukaran informasi yang disebut komunikasi. Komunikasi dapat terjadi secara langsung antara kedua belah pihak. Komunikasi juga sering kali dilakukan secara tidak langsung, Misalnya dengan mengirim surat melalui Kantor POS. Komunikasi melalui surat adalah salah satu contoh komunikasi secara tidak langsung. Komunikasi juga dapat dilakukan secara langsung, misalnya kita menanyakan sesuatu kepada bapak atau ibu guru.

Pada awalnya manusia hanya hanya bisa berkomunikasi secara muka ketemu muka ataupun menggunakan tanda/isyarat yang memiliki arti khusus, misalnya menggunakan asap atau juga menggunakan kenthongan. Ternyata komunikasi secara langsung dan menggunakan kode atau tanda memiliki keterbatasan. Keterbatasan tersebut membuat mereka hanya dapat berkomunikasi ke orang-orang sekitar saja. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi secara perlahan menghilangkan keterbatasan itu,

Teknologi Komunikasi Masa Lalu
Orang-orang zaman dahulu sudah menggunakan alat-alat komunikasi, namun alat yang digunakan masih sangat sederhana. Pada zaman dulu, orang menggunakan alat kentongan, tali pohon, telik sandi, dan kurir untuk berkomunikasi.

a. Kentongan
Kentongan merupakan sebuah alat komunikasi yang biasanya terbuat dari kayu atau bambu. Alat ini memiliki lubang di bagian tengahnya. Alat ini digunakan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu/ bambu. Kentongan berfungsi sebagai sarana komunikasi di antara penduduk desa. Kentongan digunakan sebagai alat komunikasi misalnya untuk :
  • Memanggil warga desa melakukan kerja bakti,
  • Memanil warga desa agar berkumpul di balai desa,
  • Memberitahggu warga desa bahwa sedang terjadi pencurian atau perampokan,
  • Memberitahu warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran, dan sebagainya.
b. Telik sandi
Telik sandi atau mata-mata adalah orang yang dipilih untuk menyusup masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugas utama telik sandi adalah mencari tahu kekuatan dan kelemahan musuh. Informasi dari telik sandi ini penting untuk mengalahkan musuh.

c. Kurir
Kurir adalah orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam bentuk surat atau lisan. Isinya biasanya adalah pesan rahasia antar kerajaan. Kurir harus melakukan penyamaran. Bila tertangkap musuh, nyawa kurir dipertaruhkan. Kurir adalah orang pilihan yang telah teruji keberanian dan kesetiaannya.

d. Tali Pohon
Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon yang lain. Tali itu menjadi alat komunikasi dari suatu tempat pengintaian ke perkampungan. Di ujung tali diberi kaleng atau alat-alat yang bila ditarik akan mengeluarkan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian ini merupakan tanda bahaya. Bila musuh datang, pemantau menarik tali keras-keras sehingga penduduk desa dapat cepat bersembunyi ke tempat yang aman.

Teknologi komunikasi saat ini
Pada dasarnya cara berkomunikasi itu ada dua macam, yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Komunikasi langsung terjadi bila dua orang atau lebih berbincang-bincang dengan saling berhadapan muka. Sedangkan komunikasi secara tidak langsung terjadi bila orang yang berkomunikasi menggunakan suatu alat perantara. Biasanya orangnya tidak berhadapan secara langsung. Zaman sekarang, kita dapat berkomunikasi melalui surat, telegram, telepon, pager, telepon, TV, internet, koran, dan majalah.

a. Surat
Untuk mengirimkan kabar lewat surat yang pertama dilakukan adalah menulis surat. Setelah ditulis, surat dilipat dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat dibawa ke kantor pos untuk dikirimkan. Kemunculan surat pertama kali adalah ribuan tahun yang lalu di Mesir. Mereka biasanya dikirim menggunakan orang dan binatang seperti merpati. Kekurangan utama dari teknologi komunikasi tentunya adalah waktu pengiriman yang lama yakni membutuhkan waktu antara satu hingga tiga hari.

b. Telegraf
Telegraf disebut juga surat kawat. Telegraf dapat mengirimkan pesan jarak jauh melalui kode morse. Telegram adalah berita yang dikirim melalui telegraf, biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis, telegraf kemudian mengalami perkembangan yakni dengan receiver elektromagnetik yang memperbolehkan kode morse langsung diterjemahkan dalam bentuk tulisan.

c. Telepon
Teknologi yang terus mengalami perubahan hingga sekarang ini memperbolehkan komunkasi jarak jauh dalam waktu yang singkat. Semua itu adalah hasil jerih payah dari penemu ternama Alexander Graham Bell. Untuk berkomunikasi lewat telepon dapat dilakukan dengan cara menekan nomor tujuan yang ada pada telepon tersebut.

d. Pager
Sesudah telepon ditemukan barulah komunikasi pesan singkat dengan sinyal radio diciptakan, yakni Pager. Pager sendiri hanya dapat menerima pesan singkat. Pager (radio panggil) adalah alat komunikasi satu arah. Jika ada pesan yang masuk, pager akan berbunyi dan pesannya tertulis pada layar pager.

e. Handphone
Telepon seluler (Ponsel), telepon genggam, atau lebih sering dikenal sebagai handphone adalah alat komunikasi elektronik yang dapat dibawa kemana-mana. Handphone dapat digunakan untuk komunikasi langsung melalui telepon dan juga pengiriman pesan atau SMS (Short Message Servces). Sampai sekarang teknologi ini juga terus mengalami perkembangan hingga yang sedang trend sekarang ini yakni smartphone. Saat ini beberapa merk handphone dilengkapi dengan panggilan video

f. Internet
Internet merupakan teknologi komunikasi terkini yang dapat melakukan komunikasi tidak mengenal waktu dan batasan jarak. Apalagi dengan berbagai gadget yang ada sekarang ini, maka istilah dimana saja dan kapan saja bukan lagi sekedar ucapan semata. Melalui internet itu kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim atau menerima gambar, mengirim atau menerima surat melalui e-mail, dan lain-lain.

Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Perilaku Manusia
Hampir setiap teknologi mempunyai dua sisi dampak, positif dan negatif. Demikian pula halnya dengan perkembangan teknologi komunikasi. Dewasa ini, manusia seakan tak lepas dari peran teknologi komunikasi, terlebih informasi yang aktual dan akurat. Berikut ini beberapa dampak teknologi komunikasi terhadap perilaku manusia.
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Dampak Positif
Dampak positif dengan adanya teknologi informasi terhadap masyarakat antara lain :
  • Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet. Batas ruang dan waktu tidak berpengaruh lagi dalam teknologi komunikasi saat ini.
  • Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu hal melalui internet. Banyak sekali informasi yang dapat kita ambil dari internet, baik itu yang buruk maupun yang baik.
  • Media pertukaran data data dan informasi, para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  • Membantu mempercepat pekerjaan manusia, misalnya mengetik dengan komputer menjadi lebih mudah dan cepat. Menghitung juga dapat menggunakan komputer, sehingga proses menghitung lebih cepat dan akurat.
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dampak Negatif
Dampak negatif dengan adanya teknologi informasi terhadap masyarakat antara lain :
  • Penyalahgunaan. Dampak negatif terjadi apabila pemanfaatan teknologi yang memberikan segala kemudahan telah sampai pada penyalahgunaannya. Misalnya, akses internet yang kian menjamur pada masyarakat Indonesia, belum cukup membawa sebagian besar masyarakatnya pada kecerdasan intelektual. Yang kerap terjadi adalah penyalahgunaan.
  • Menciptakan ketergantungan. Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh teknologi, maka masyarakat seolah dimanjakan oleh ketersediaan segala kebutuhan hidupnya. Masyarakat pengguna teknologi kian enggan untuk menggunakan alat-alat manual untuk alasan efektivitas dan efisiensi. Masyarakat semakin sulit melepaskan diri dari serba kecanggihan teknologi.
  • Menciptakan Penjajahan Model Baru. Munculnya teknologi komunikasi menyebabkan arus informasi dari negara maju ke negara berkembang adalah tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini menyebabkan masyarakat negara tertentu lebih banyak mengonsumsi informasi dari negara maju. Sehingga memungkinkan munculnya penjajahan model baru. Penjajahan model baru yang dimaksud berupa penjajahan melalui arus informasi.
  • Munculnya perilaku individualisme dan egois karena orang lebih senang berada di depan komputer daripada mengikuti kegiatan sosial di lingkungannya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....