Home » » Pencemaran Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor

Pencemaran Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor

Pada jaman dahulu alat transportasi tidak seperti sekarang. Banyak cara alami yang dapat dipergunakan, sehingga tidak menimbulkan pencemaran baik udara, air, ataupun lingkungan. Masyarakat menggunakan alat transportasi yang masih sederhana, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi yang banyak digunakan. Dengan kemajuan teknologi, maka teknologi transportasi pun dapat berkembang dengan cepat. Kemajuan alat tranportasi sangat menunjang kelancaran dan kenyamanan manusia dalam beraktivitas. Banyak aktivitas manusia tergantung pada kemajuan alat transportasi, seperti mobil, sepeda motor, kereta api, pesawat, dan kapal laut.

Teknologi masa lalu maupun masa kini memiliki kelebihan dan kelemahan. Pada umumnya teknologi masa lalu masih menggunakan tenaga manual yakni hewan, angin ataupun manusia. Tteknologi masa lalu memiliki kelebihan yakni hampir semua bebas polusi. Sedangkan teknologi masakini memiliki kelebihan prosesnya cepat, namun di sisi lain memiliki kelemahan yakni menimbulkan polusi. Seperti polusi udara, tanah, air dan suara. Polusi udara menyebabkan gangguan kesehatan.

Dampak Polusi Asap Kendaraan Bermotor

Asap kendaraan bermotor menimbulkan polusi udara. Dampak asap kendaraan bermotor sebagai berikut.
  • Sistem pernapasan manusia terganggu. Asap kendaraan bermotor juga membawa dampak yang membahayakan bagi kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia.
  • Lapisan ozon di bumi semakin menipis. Gas CO dalam skala besar dapat merusak lapisan ozon. Karbon monoksida yang dihasilkan oleh kendaraan dapat merusak lapisan ozon. Semakin lama, volume kendaraan semakin banyak, semakin banyak pula gas karbon monokida yang di keluarkan, bisa dibayangkan keadaan lapisan ozon beberapa tahun kedepan bila volume kendaraan semakin hari semakin bertambah.
  • Proses fotosintesis tumbuhan terganggu. Penggunaan  bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.

Pencegahan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
Polusi udara yang terjadi disekitar kita tentunya harus dicegah, agar polusi udara dapat berkurang. Untuk mengurangi dampak polusi udara, berikut upaya-upaya yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut.
    Asap Kendaraan Bermotor
  • Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali, simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa.
  • Menciptakan biosolar. Saat ini memang telah banyak dikembangkan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan. Biosolar adalah bahan bakar mesin diesel yang terbuat dari bahan terbarukan atau secara khusus merupakan bahan bakar mesin diesel yang terdiri atas dari asam-asam lemak yang dibuat dari minyak nabati, minyak hewani atau dari minyak goreng.
  • Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
  • Penggunaan sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui, seperti tenaga angin, air, biomassa, dan bahan bakar organik. Energi biomassa adalah jenis bahan bakar yang dibuat dengan mengkonversi bahan biologis seperti tanaman. Dengan penggunaan energi alternatif tersebut maka polusi udara dapat dikurangi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....