Home » » Mengapa Harus Musyawarah ?

Mengapa Harus Musyawarah ?

Musyawarah merupakan suatu kebiasaan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam mengambil suatu keputusan. Musyawarah berasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding, urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu. Musyawarah adalah suatu cara pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang dengan memfasilitasi semua kepentingan sehingga tercipta satu keputusan yang disepakati bersama dan dapat dijalankan oleh seluruh peserta yang mengikuti musyawarah. Setiap orang harus saling menghargai dan menghormati pendapat orang lain ketika musyawarah dijalankan. Pelaksanaan cara ini memiliki tujuan untuk memperoleh kesepakatan supaya keputusan dapat diterima dan dijalankan dengan rasa tanggung jawab untuk semua yang mengikatnya.

Kesepakatan merupakan hasil musyawarah, sedangkan kepentingan bersama merupakan kepentingan yang menyangkut banyak orang. Sampai dengan saat ini musyawarah merupakan cara terbaik dalam pengambilan keputusan. Musyawarah sudah dilakukan oleh nenek moyang kita dalam membicarakan atau memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Musyawarah merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Dalam sila tersebut, terkandung beberapa nilai yang harus kita amalkan. Berikut nilai-nilai sila keempat pancasila :
  1. Setiap warga negara Indonesia mempunyai kedudukan. Hak, dan kewajiban yang sama.
  2. Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
  3. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentinagan bersama.
  4. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
  5. Menghormati dan menjujung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah
  6. Menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab.
  7. Musyawarah mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan.
  8. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
  9. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa
  10. Keputusan tersebut menjujung tinggi harkat dan martabat
  11. Keputusan tersebut mencangkup nilai-nilai kebenaran dan keadilan
  12. Keputusan bersama mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama
  13. Memberikan kepercayan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan musyawarah

Mengapa harus bermusyawarah dalam mengambil keputusan ?
Dalam memutuskan suatu masalah biasanya banyak pendapat yang disampaikan oleh masing-masing peserta musyawarah. Mereka mengemukakan pendapatnya sesuai dengan jalan pikiranya dalam memahami persoalan tersebut. Jadi sangat memungkinkan untuk terjadinya perbedan pendapat. Musyawarah inilah yang nantinya akan menjadi jembatan untuk menyamakan pendapat mereka. Berikut alasan mengapa kita perlu melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan.
  • Musyawarah dapat membantu kita dan orang lain ketika menyikapi bermacam-macam pendapat dari orang lain untuk mendapatkan pemecahan masalah yang sedang dibahas.
  • Musyawarah dapat mengurangi pertikaian ataupun perselisihan pendapat karena masing-masing peserta dimungkinkan memiliki kepentingan dan pendapat yang berbeda.
  • Dapat mengurangi bahkan menghindari adanya konflik berkepanjangan pada suatu masalah.

Musyawarah memiliki beberapa prinsip, dan prisip tersebut harus menjadi acuan untuk diperhatikan dan dilaksanakan ketika bermusyawarah. Berikut ini prinsip yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh semua peserta musyawarah
  • Adanya komunikasi yang baik, santun dalam penyampaian pendapat.
  • Saling menghargai dan menghormati pendapat peserta lain, baik yang bertentangan ataupun mendukung pendapat kita.
  • Walaupun hasil kesepakatan tidak sesuai dengan harapan kita, kita menerima dengan ikhlas dan melaksanakan hasil keputusan dengan tanggung jawab.

Kapan Musyawaah Dibutuhkan ?
Musyawarah perlu dilakukan untuk semua persoalan yang menyangkut kepentingan orang banyak. Diharapkan dengan adanya musyawarah diperoleh keputusan yang dapat diterima oleh masing-masing peserta musyawarah. Selanjutnya keputusan yang telah ditetapkan tersebut wajib dilaksanakan oleh masing-masing peserta musyawarah dengan ikhlas dan dilandasi hati nurani yang luhur. Dalam musyawarah tidak ada yang merasa menang atau merasa dikalahkan. Keputusan tersebut merupakan penyelesaian masalah untuk kepentingan bersama.

Manfaat Musyawarah
Musyawarah merupakan perundingan antara seseorang dengan orang lain, antara satu golongan dengan golongan lain mengenai suatu atau berbagai masalah atas dasar saling menghargai, persamaan hak, persamaan kewajiban dan ketulusan hati serta dengan maksud untuk mengambil keputusan dan kesepakatan bersama. Beberapa manfaat musyawarah tersebut antara lain sebagai berikut :
    Mengapa Harus Musyawarah
  • Dapat memecahkan masalah yang sulit yang tidak dapat dipecahkan sendiri.
  • Untuk menyaring dan meneliti pendapat-pendapat agar memperoleh petunjuk tentang pendapat yang paling baik
  • Musyawarah dapat memberikan dorongan kepada masyarakat agar hidup rukun dan bersatu.
  • Musyawarah dapat digunakan untuk memilih pemimpin/pengurus, dasar, tujuan, program dan sarana untuk memecahkan masalah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:46 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....