Home » » Membuat Karya Roncean Korden Sedotan dan Kalung Manik

Membuat Karya Roncean Korden Sedotan dan Kalung Manik

Meronce adalah teknik membuat benda pakai atau benda hias dari bahan manik-manik atau biji-bijian yang dirangkai dengan benang. Ada dua macam manik-manik yang biasa digunakan untuk meronce. Jenis pertama adalah manik-manik yang terbuat dari bahan alam seperti manik-manik batu, kayu, kulit kerang, biji-bijian, dan mutiara. Jenis kedua yaitu manik-manik yang terbuat dari bahan buatan seperti manik-manik kaca, mutiara imitasi, dan manik-manik plastik. Selain itu meronce juga dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita. Misalnya saja bekas sedotan minuman yang terbuat dari plastik.

Di sekitar kita ternyata banyak benda yang dibuat dengan teknik meronce. Meronce memerlukan keterampilan dan ketekunan agar hasil roncean yang kita buat menarik. Pada dasarnya kegiatan meronce dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap perancangan dan tahap pembuatan. Tahap perancangan karya dapat dilakukan dengan cara menggambar di kertas karya benda roncean yang hendak dibuat. Tahap kedua adalah tahap pembuatan karya.Benda yang dibuat dengan teknik meronce antara lain gelang, kalung, cincin, tirai, dan hiasan pada pakaian.

1. Membuat Gorden dari Sedotan
Tirai atau gorden biasanya terbuat dari sepotong kain yang digunakan untuk menghalang atau mengurangi cahaya yang masuk dari luar jendela, dan juga untuk menutupi pemandangan dalam maupun luar rumah. Gorden yang kita buat dari sedotan ini mungkin fungsinya hanya sebagai hiasan saja, bukan fungsi gorden yang sesungguhnya. Berikut ini cara membuat gorden dari roncean sedotan.

Bahan dan Alat :
  1. Sedotan bekas aneka warna.
  2. Manik- manik.
  3. Benang wol
  4. Gunting
  5. Penggaris
  6. Bambu, seukuran lebar pintu/ jendela
  7. Paku
  8. Palu

Fungsi :
Seperti telah dijelaskan di atas fungsi gorden adalah untuk menutupi benda-benda yang ada dalam ruangan agar tidak terlihat dari luar. Selain itu gorden dari roncean sedotan ini juga berfungsi sebagai hiasan. Meronce dapat ditujukan untuk melatih kreativitas, yaitu dengan cara mengubah fungsi lama menjadi fungsi baru. Seni merangkai ini lebih cendrung dikatakan sebagai seni bentuk dengan teknik meronce.

Kekuatannya :
Gorden yang terbuat dari sedotan ini dapat lebih bertahan lama karena sedotan tersebut berbahan dasar plastik. Selain itu perpaduan warna-warni sedotan ini juga membuat gorden tampak menarik.

Keindahan :
Keindahan dari meronce terletak pada cara menyusun benda-benda sebagai komponen rangkaian dapat menarik perhatian. Penataan ini menggunakan prinsip penyusunan seperti pada membentuk dan melukis, sebagai berikut.
  • Kesatuan, yaitu prinsip menyusun yang bertujuan agar susunan tersebut menarik.
  • Keseimbangan dengan memperhatikan masing-masing ukuran, bentuk serta pengikatnya, apakah berupa garis, warna pengikat serta yang lain.
  • Irama adalah penyusun yang memperhatikan ukuran benda, besar kecil yang tersusun seperti irama music dengan rumus: a-b-a-b-a-b dst atau a-b-b-b-a yang dapat disusun berirama adalah warna, misalnya dengan warna panas dan dingin atau gelap-terang.

Cara membuat:
    Korden Sedotan
  • Potong benang wol sepanjang tinggi pintu/ jendela, tinggi pintu biasanya kira-kira 2 meter.
  • Potong sedotan aneka warna dengan ukuran yang sama yaitu sekitar 5 cm
  • Mulailah meronce sedotan tersebut ke benang wol dengan membentuk warna pelangi(merah, kuning, hijau, dan biru)
  • Jangan lupa untuk menambahkan manik- manik di sela-sela sedotan sebagai pemanis dan juga sekat
  • Ikat tali bagian kedua ujungnya susunan tidak lepas.
  • Buat rangkaian sedotan bekas yang banyak sekitar 10 atau lebih
  • Satukan roncean dengan cara ikatkan ke bambu dan beri jarak antar tiap roncean sedotan.
  • Paku bambu ke tembok di atas jendela/ pintu.

2. Meronce Kalung Manik-manik
Aksesoris yang biasa dikenakan oleh wanita kini makin banyak ragamnya. Salah satu perhiasan tersebut yaitu perhiasan yang terbuat dari manik-manik. Kalung yang terbuat dari manik-manik dapat digunakan sebagai hiasan.

Fungsi :
Seperti pada umumnya kalung dipergunakan sebagai perhiasan, terutama bagi wanita. alung juga digunakan untuk menandai berbagai perbedaan di banyak kebudayaan. Pada beberapa kebudayaan, kalung dapat menandakan status dan kelas sosial penggunanya.

Kekuatan :
Kalung yang terbuat dari manik-manik kayu akan dapat bertahan lama jika dalam keadaan kering (tidak terkena air). Sesuai dengan sifat kayu yang keras dan mudah dibentuk, namun tidak tahan akan air.

Keindahan :
Keindahan kalung manik-manik ini tergantung pada bahan yang dipakai, bentuknya zat warna yang ditambahkan keterampilan dan teknik pembuatannya. Teknik pembuatan yang baik akan menghasilkan kalung yang menarik dan indah. Selain itu diperlukan keseimbangan dengan memperhatikan masing-masing ukuran.

Alat dan Bahan
  1. Senar karet
  2. Manik manik berbentuk bunga
  3. Manik manik berbentuk bulat

Cara Membuat
  • Potonglah senar karet sepanjang 25 cm. Buatlah simpul mati pada salah satu ujung senar.
  • Masukkan tiga buah manik-manik kayu berbentuk bunga. Lanjutkan dengan memasukkan sebuah manik-manik kayu berbentuk bulat.
  • Masukkan lagi tiga butir manik-manik kayu berbentuk bunga dan sebuah manik-manik kayu berbentuk bulat. Kerjakan hal yang sama sampai manik-manik berbentuk bunga habis. Kemudian masukkan 27 buah manik-manik bulat. Ikat erat kedua ujung senar dengan simpul mati.
  • Kalung telah jadi. Padukan kalung bernuansa alam ini dengan gelang dan aksesori lain yang bernuansa sama.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....