Home » » Jenis Kebutuhan Manusia

Jenis Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia selalu berkembang sesuai dengan perkembangan kebudayaan manusia. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mencapai kesejahteraan. Kebutuhan manusia mencerminkan adanya perasaan kurang puas yang ingin dipenuhi dalam diri manusia yang muncul secara alamiah untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.

Pembagian kebutuhan menurut intensitas kegunaannya sangat ditentukan oleh kondisi masyarakat suatu daerah atau negara. Bagi penduduk suatu daerah atau negara yang masih tertinggal, kebutuhan akan motor atau mobil mungkin merupakan kebutuhan mewah. Sedangkn, bagi penduduk daerah atau negara yang maju, kebutuhan terhadap motor atau mobil mungkin hanya merupakan kebutuhan sekunder. Secara garis besar kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya dapat dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.

1. Kebutuhan Primer atau Kebutuhan Pokok
Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia tetap hidup. Kebutuhan tersebut muncul secara alami. Kebutuhan primer disebut juga ‘kebutuhan alamiah’. Contoh yang termasuk ke dalam kebutuhan primer adalah kebutuhan untuk makan(pangan), pakaian (sandang), dan tempat tinggal (papan).
  • Sandang. Sandang adalah pakaian yang diperlukan oleh manusia. Pada awalnya manusia memanfaatkan pakaian dari kulit kayu dan hewan yang tersedia di alam. Kemudian manusia mengembangkan teknologi pemintal kapas menjadi benang untuk ditenun menjadi bahan pakaian. Pakaian berfungsi sebagai pelindung dari panas dan dingin. Lama kelamaan fungsi pakaian berubah, yakni untuk memberi kenyamanan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan seperti pakaian kerja, pakaian rumah, untuk tidur dan sebagainya.
  • Pangan. Pangan adalah kebutuhan yang paling utama bagi manusia. Di berbagai masyarakat, bahan makanan pokok memegang peranan utama dalam memenuhi kebutuhan penduduk. Contohnya orang di Sumatera dan Jawa sebagian besar mengonsumsi nasi sedangkan masyarakat Maluku dan Papua mengonsumsi sagu.
  • Papan. Papan adalah kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal. Pada awalnya fungsi rumah hanya untuk bertahan diri. Namun lama kelamaan berubah menjadi tempat tinggal keluarga. Karena itu kebutuhan akan memperindah rumah semakin ditingkatkan.

2. Kebutuhan Sekunder
Setelah manusia dapat memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan pokok, manusia masih memerlukan kebutuhan lain yang bersifat pelengkap. Kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan sekunder, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam kebutuhan sekunder ini, di antaranya adalah bersekolah, rekreasi, bekerja, dan bersosialisasi dengan orang lain.

Kebutuhan sekunder dapat ditunda pemenuhannya, meskipun tetap diperlukan. Ketidakmampuan pemenuhan kebutuhan sekunder tidak berpengaruh terhadap kehidupan seseorang, dalam artian mereka akan tetap hidup meskipun kebutuhan sekundernya tidak dapat dipenuhi. Hanya saja kehidupan yang dijalankan tidak memungkinkan untuk mencapai kebahagiaan sebagaimana seseorang yang terpenuhi kebutuhan sekundernya.

3. Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada dasarnya, kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia terhadap barang-barang dan jasa yang tergolong mewah (luks), seperti mobil mewah, kapal pesiar, pesawat terbang pribadi, berpakaian mewah, dan wisata ke luar negeri. Kebutuhan tertier ini tidak harus dipenuhi. Bahkan seseorang bisa tetap berbahagia andai saja kebutuhan tertiernya tidak terpenuhi.

Pemenuhan Kebutuhan
Jenis Kebutuhan ManusiaKebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Apabila kebutuhan primer ini tidak terpenuhi, maka manusia sulit untuk melangsungkan kehidupan dan mewujudkan jati diri sesuai dengan kodratnya. Kebutuhan primer sangatlah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia karena kebutuhan primer ini merupakan kebutuhan awal yang paling mendasar dalam menjamin kehidupan manusia.

Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kemampuan dalam memenuhi kebutuhan setiap keluarga berbeda-beda, ada keluarga yang mampu memenuhi kebutuhannya dari kebutuhan primer sampai kebutuhan tersiernya dengan baik. Namun ada juga sebagian keluarga yang mungkin hanya baru bisa memenuhi kebutuhan primer dan sekundernya saja. Oleh karena itu jika ada kebutuhan keluargamu yang belum terpenuhi, bersabarlah dan menerima apa yang ada saat ini.

Kebutuhan Kasih Sayang
Kasih sayang merupakan kebutuhan psikologis anak. Kebutuhan ini memungkinkan anak belajar bagaimana menjalin perasaan kasih sayang dengan individu baik sesama jenis maupun berlainan jenis. Disamping itu, kebutuhan anak akan rasa diterima dan dibutuhkan orang lain dapat terpenuhi. Kasih sayang merupakan kebutuhan anak yang paling utama. Kasih sayang membuat anak merasa diperhatikan, tidak sendiri, tidak disisihkan, tidak ditelantarkan. Untuk memenuhi kasih sayang, orang tua perlu mengajak anak berkomunikasi supaya ada saling pengertian antara anak dengan orang tua. Dan tentu saja memenuhi kebutuhan lainnya.

Kebutuhan menurut sifatnya
Berdasarkan sifatnya kebutuhan manusia dikelompokkan menjadi kebutuhan jasamani dan kebutuhan rohani.
  • Kebutuhan jasmani. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh fisik atau badan manusia agar dapat hidup secara layak dan baik.Contoh: makanan, pakaian,istirahat,, alat-alat olah raga untuk menunjang kesehatan raga atau badan, dan sebagainya.
  • Kebutuhan rohani. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan untuk pemenuhan jiwa atau rohani. Kebutuhan ini sifatnya relatif karena tergantung pada pribadi seseorang yang membutuhkan. Apabila kebutuhan rohani manusia terpenuhi, maka manusia akan merasa senang, aman, tenteram, dan terhibur. Contoh kebutuhan rohani, antara lain kebutuhan akan perhatian dari orang tua, rekreasi di tempat wisata,  menjalankan ajaran agama dengan baik, dan sebagainya.. 

Kebutuhan Menurut Bentuknya
Kebutuhan manusia menurut bentuknya dikelompokkan menjadi kebutuhan fisik, dan kebutuhan non fisik.
  • Kebutuhan Fisik. Kebutuhan fisik adalah kebutuhan yang nyata yang di perlukan manusia saat itu ataupun saat yang akan datang yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidupnya lebih layak. contohnya : mobil, motor, handphone, kulkas, dan lain-lain.
  • Kebutuhan Non Fisik. Kebutuhan non fisik adalah kebutuhan yang tidak nyata yang diperlukan untuk mempertanggung jawabkan kesanggupan diri kita. Kebutuhan nonfisik, misalnya kebutuhan akan ketertiban. keadilan, dan rasa aman.

Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow
Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Teori Hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar, yaitu :
  • Kebutuhan Fisiologis, yang merupakan kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain ; pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual.
  • Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, dll. Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.
  • Kebutuhan rasa cinta, yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan.
  • Kebutuhan akan harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain.
  • Kebutuhan aktualisasi diri, ini merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, yang berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....