Home » » Jenis Paduan Suara

Jenis Paduan Suara

Paduan suara atau biasa disebut koor berasal dari kata suara yang terpadu yang terdiri dari paduan suara besar atau kecil. Dengan demikian paduan suara adalah bernyanyi secara serentak, terpadu dengan keselarasan volume yang baik dan terkontrol, mengikuti keselarasan harmoni. Harmoni adalah paduan bunyi di dalam suatu lagu yang terdiri dari beberapa suara yang sesuai dengan akor. jenis-jenis paduan suara. Dalam sebuah paduan suara sangat dibutuhkan adalah kekompakan dan kerja sama tim. Karena perbedaan dalam paduan suara jika bisa disatukan maka akan menjadi sesuatu yang indah.

Umumnya paduan suara terdiri atas empat bagian suara, yaitu sopran, alto, tenor, dan bass. Sopran merupakan suara tertinggi dari wanita, sedangkan alto merupakan suara terendah dari wanita. Pada suara pria, tenor yang merupakn suara tertinggi dan bass sebagai suara yang terendah. Diantara sopran dan alto pada suara wanita ada mezzo sopran, pada suara pria diantara tenor dan bass terdapat suara bariton. Berdasarkan penyanyinya paduan suara dapat dikelompokkan menjadi.
  • Paduan suara campuran, penyanyi terdiri dari wanita dan pria dewasa.
  • Paduan suara wanita, penyanyi hanya wanita saja.
  • Paduan suara pria, penyanyi hanya pria saja.
  • Paduan suara anak-anak, penyanyi hanya anak-anak, baik laki-laki semua, wanita semua atau gabungan dari keduanya. 

Jenis-Jenis paduan suara menurut jenis suaranya adalah sebagai berikut.
  • Paduan suara unisono yaitu paduan suara dengan menggunakan satu suara. Misalnya pada paduan suara wanita hanya menggunakan suara sopran saja, pada paduan suara pria bisa menggunakan suara tenor saja.
  • Paduan suara dua suara sejenis yaitu paduan suara yang menggunakan dua suara manusia yang sejenis, contoh suara sejenis wanita (sopran dan alto), suara sejenis pria (tenor dan bass), suara sejenis anak-anak (tinggi dan rendah).
  • Paduan suara tiga suara sejenis. Pada paduan suara wanita dapat tersusun dari sopran - sopran - alto (S-S-A). Pada paduang suara pria dapat tersusun tenor - tenor- bass (T-T-B).
  • Paduan suara tiga suara campuran. Pada paduan suara tiga suara campuran dapat tersusun dari sopran - alto - bass (S-A-B), sopran dan alto suara wanita sedangkan bass adalah suara pria.
  • Paduan suara tiga sejenis. Pada paduan suara tiga suara sejenis pria dengan suara tenor-tenor -bass (T-T-B). Pada paduan suara wanita tiga suara sejenis yaitu sopran-sopran-alto (S-S-A)
  • Paduan suara empat suara campuran yaitu paduan suara yang mengguanakan suara campuran pria dan wanita. Dua sura wanita yaitu sopran dan alto, dua suara pria yaitu tenor dan bass (S-A-T-B).
Jenis Paduan Suara
Dalam paduan suara sering dikenal denga sebutan suara satu dan suara dua, suara satu biasanya untuk suara yang tinggi sedangkan suara dua untuk yang lebih rendah dari suara satu. Pada paduan suara wanita suara satu yaitu sopran dan suara dua adalah alto, sedangkan pada paduan suara pria suara satu tenor dan suara dua adalah bass.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....