Home » » Alat Rumah Tangga Impor

Alat Rumah Tangga Impor

Alat rumah tangga adalah istilah yang digunakan untuk keperluan rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur, dan alat untuk mengerjakan sesuatu. Beberapa peralatan rumah tangga menggunakan listrik untuk menggerakannya. Misalnya saja mesin cuci, mesin ini menggunakan listrik untuk menjalankannya. Jaman dahulu para ibu belum menggenal mesin cuci. Mereka mencuci menggunakan cara tradisional dan belum menggunakan teknologi yang ada seperti sekarang ini.

Barang-barang yang menggunakan listrik sebagai tenaganya dinamakan barang elektronik. Beberapa alat rumah tangga elektronik ini ternyata didatangkan dari luar negeri atau diimpor. Alat-alat rumah tangga tersebut didatangkan dari luar negeri karena negara kita belum menguasai teknologi untuk membuatnya. Sebagian besar alat rumah tangga yang kita gunakan merupakan merupakan produk bangsa lain. Berikut ini beberapa alat rumah tangga elektronik yang masih didatangkan dari negara lain atau masih diimpor.

1. Pompa air listrik
Pompa air listrik banyak digunakan untuk mengangkat air yang ada dalam sumur untuk dimasukkan ke dalam bak penampungan. Dari bak penampungan air disalurkan ke kamar mandi, wc, taman, dan bagian rumah yang lainnya. Pompa air listrik ternyata masih didatangkan dari luar negeri. Misalnya saja pompa air bermerek Sanyo, Hitachi, ternyata diproduksi oleh negara Jepang.

2. Kulkas
Kulkas atau lemari es atau lemari pendingin adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk menolong pengawetan makanan. Kulkas ternyata didatangkan dari negara-negara berikut : Jepang (Sharp, Panasonic, Hitachi), Korea (LG dan Samsung)

3. Televisi
Televisi saat ini banyak sekali digunakan sebagai media hiburan. Televisi berasal dari dua kata yaitu ( tele ) yang artinya jauh dan (visi) artinya pandangan, yang bermakna pandangan jarak jauh. Namun arti secara global adalah sebuah alat media informasi audio visual satu arah. Beberapa merk televisi ternyata dibuat oleh negara Jepang, misalnya Sharp, Panasonic, Toshiba, Sony, Produk korea misalnya LG dan Samsung, Jerman (Loewe dan Metz).
Televisi
4. Oven listrik
Oven adalah peralatan dapur dan digunakan untuk memanggang dan pemanasan. Makanan biasanya dipanggang seperti roti, kue dan makanan penutup. Dahulu sebelum ada oven listrik biasanya menggunakan oven yang dipanaskan di atas kompor. Oven buatan Jepang antara lain Sharp dan Panasonic, dan Korea Selatan merk Kirin.

5. AC
Penyejuk udara, pendingin ruangan, pengkondisi udara, penyaman udara, erkon, atau AC (bahasa inggris): air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area. Produk AC (Air Conditioner) buatan Jepang antara lain seperti Toshiba, Sanyo, Panasonic, Sharp, Daikin. Produk AC merk Samsung dan LG buatan korea.

6. Setrika
Seterika listrik adalah alat yang dipanaskan digunakan untuk melicinkan / menghaluskan pakaian agar dapat lebih rapi dipakai, umumnya setelah dicuci dan dikeringkan. Setrika kuno dibuat dari besi yang diisi arang membara. Saat ini setrika kebanyakan dibuat dari aluminium dan baja tahan karat, dengan sumber panas dari listrik.  Setrika merupakan produk buatan beberapa negara Asia seperti Jepang, Cina, dan Korea.

Perubahan Energi Listrik
Energi listrik memiliki banyak sekali kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi yang lain, misalnya energi listrik dapat diubah menjadi energi panas, energi cahaya, energi gerak, dan energi bunyi.
  • Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Energi listrik dapat diubah menjadi panas. Ada banyak alat rumah tangga yang menggunakan perubahan energi ini. Contohnya, setrika listrik, kompor listrik, dispenser, dan solder.
  • Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. Energi listrik juga dapat diubah menjadi energi cahaya. Sekarang, orang sudah mengenal lampu listrik. Lampu listrik mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. 
  • Perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Mobil-mobilan baterai bergerak dengan memanfaatkan baterai. Roda mobil dapat berputar karena terhubung dengan motor listrik. Motor listrik inilah yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Ada banyak peralatan rumah yang memiliki motor listrik. Adanya motor listrik membuat peralatan tersebut dapat menghasilkan energi gerak. Contohnya, kipas angin, mixer, pompa air, blender, dan mesin cuci.
  • Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Radio, televisi, handphone, sirine, dan bel listrik merupakan penghasil bunyi. Namun, alat itu tidak berfungsi jika tidak ada listrik. Dengan demikian, alat-alat tersebut mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....