Home » » Wilayah Iklim di Dunia

Wilayah Iklim di Dunia

Matahari dapat kita jadikan acuan dalam menentukan tipe iklim, penentuan ini disebut dengan iklim matahari. Iklim matahari terpengaruh oleh besar kecilnya garis lintang. Daerah yang memiliki garis lintang yang semakin besar, maka semakin sedikit sinar matahari yang diterima daerah tersebut dan sebaliknya. Iklim matahari merupakan satu-satunya klasifikasi iklim berdasarkan segi fisik, yakni garis lintang yang ada di bumi. Menurut iklim matahari, terdapat zona iklim yang dikelompokkan menjadi 4 bagian. Keempat bagian tersebut adalah iklim tropis, subtropis, sedang, dan kutub. Pengelompokan iklim matahari ini didasarkan atas banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi.

Negara-negara dengan Iklim Tropis
Zona iklim tropis merupakan zona yang terletak pada garis khatulistiwa, tepatnya antara 23,5 derajat LU sampai dengan 23,5 derajat LS. Garis khatulistiwa yang disebut juga garis imajiner merupakan garis tengah yang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan selatan. Daerah yang berada di zona iklim tropis hanya memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Benua Asia
  • Asia Tenggara :Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Philipina, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Timor Leste.
  • Asia Selatan : India (sebagian), Bangladesh (sebagian), Srilanka, Maladewa
  • Asia Timur : Hongkong, Taiwan (sebagian),
  • Asia Barat : Yaman, Arab Saudi (sebagian), Oman, dan Uni Emirat Arab

Benua Amerika
Ekuador, Kolombia, Venezuela, Brasil, Guyana, Guyana Perancis, Suriname, Peru, Bolivia, Panama, semua negara di Amerika Tengah & Karibia, dan sebagian Meksiko.

Benua Afrika
  • Afrika Barat :Benin, Burkina Faso, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Nigeria, Pantai Gading, Senegal, Sierra Leone, Tanjung Verde, Togo-Lome
  • Afrika Timur :Burundi, Djibouti, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Komoro, Madagaskar, Malawi, Mauritius, Mozambik, Rwanda, Seychelles, Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Tanzania, Uganda
  • Afrika Tengah : Angola, Gabon, Guinea Khatulistiwa, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Kongo, Republik Afrika Tengah, Saotome Principe, Zaire, Zambia
  • Afrika Utara : Chad, Niger, Sahara Barat

Zona Iklim Subtropis
Zona iklim subtropis merupakan zona yang letaknya berada diantara 23,5 derajat LU sampai dengan 40 derajat LU dan 23,5 derajat LS sampai dengan 40 derajat LS. Daerah-daerah yang berada di zona uklim subtropis memiliki ciri yang khas yaitu terdiri dari musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim salju.

Benua Asia
  • Asia Barat : Israel, Yordania, Lebanon, Qatar, Quwait, Bahrain, Iran, Irak, Afganistan, Pakistan,
  • Asia Selatan : Nepal, Bhutan, Bangladesh (sebagian), India (sebagian)
  • Asia Timur : China, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Taiwan (sebagian)

Benua Afrika
Afrika Selatan : Afrika Selatan, Lesotho, Mozambik, dan Swaziland
Afrika Utara : Maroko, Aljazair, Mesir, Tunisia, Libya
Australia bagian selatan, Selandia Baru(sebagian)

Benua Amerika
Amerika Selatan : Paraguay (sebagian), Argentina (sebagian), Chile, dan Uruguay
Amerika Utara : Meksiko (sebagian), Amerika Serikat (sebagian)

Eropa
Eropa Selatan : Portugal (sebagian), Spanyol (sebagian), Yunani, Malta, Siprus, Turki, Armenia, Turkmenistan, Tajikistan

Zona Iklim Sedang
Zona iklim sedang merupakan zona yang berada diantara 40 derajat LU sampai dengan 60,5 derajat LU dan 40 derajat LS sampai dengan 60,5 derajat LS. Iklim sedang, terdapat ciri khas yaitu banyak terdapat gerakan-gerakan udara siklonal, tekanan udara yang sering berubah-ubah, arah angin yang bertiup juga berubah-ubah tak menentu, dan sering terjadi badai secara tiba-tiba.

Benua Eropa
Irlandia, Inggris, Prancis, Austria, Jerman, Denmark, Norwegia (sebagian), Italia, Bulgaria, Rumania, Bulgaria, Ukraina, Belarus, Lituania, Latvia, Estonia, Kazakstan, Uzbekistan, Rusia(bagian selatan), Asia :Mongolia.

Zona Iklim Kutub
pembagian iklimZona iklim kutub terletak antara 60,5 derajat LU sampai dengan 90 derajat LU dan 60,5 derajat LS sampai dengan 90 derajat LS. Zona iklim kutub merupakan iklim yang sangat dingin dan ditandai dengan tidak adanya musim panas.
Eropa : Rusia (bagian utara), Finlandia, Eslandia, Denmark, Swedia, Norwegia
Amerika Serikat (Alaska). Kanada
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....