Home » » Reklame Komersil

Reklame Komersil

Reklame adalah sarana untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk kepada konsumen dengan, sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan atau membeli produk tersebut. Fungsi reklame adalah untuk mempekenalkan suatu produk pada masyarakat, dengan adanya reklame tersebut diharapkan masyarakat tertarik untuk menggunakan produk yang ada dalam reklame. Dengan laku dan digunakannya produk tersbut perusahaan produk tersebut akan memperoleh keuntungan.

Reklame sangat membantu calon pembeli untuk memahami produk yang akan ditawarkan. Reklamejuga digunakan sebagai media untuk mengenalkan budaya bangsa melalui produk yang ditawarkan. Tidak semua reklame bertujuan hanya untuk memperoleh keuntungan. ada reklame yang sifatnya hanya untuk mengajak melakukan sesuatu. Berdasarkan tujuan pembuatannya, reklame dibedakan menjadi reklame komersial dan reklame non komersial.
  • Reklame Komersial (Ekonomis). Reklame komersil adalah reklame yang dibuat untuk menawarkan barang dan jasa. Dengan reklame komersil ini diharapkan pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Jenis reklame komersil banyak digunakan para pedagang atau pengusaha dalam meningkatkan keuntungan. Contoh iklan komersil dapat kita saksikan di televisi, misalnya iklan barang elektronik, tv, komputer, dan lain-lain
  • Reklame Non- Komersial (Sosial). Reklame non komersil yang dibuat untuk mengajak atau menghimbau orang lain untuk mau melakukan sesuatu. Misalnya poster PIN (Pekan Immunisasi Nasional), poster anjuran untuk hidup bersih, poster peringatan bahaya Demam Berdarah, Keluarga Berencana,  dan sebagainya.

pos pin
Tujuan utama sebuah reklame komersil diantaranya untuk menawarkan barang dan jasa kepada konsumen. Dengan adanya reklame komersil tersebut diharapkan pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Agar masyarakat tertarik reklame komersil yang kita tampilkan harus memiliki beberapa syarat. Atau dengan kata lain reklame komersil yang kita buat lebih lebih menonjol dari iklan komersil yang lainnya. Agar lebih menonjol berikut ini beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah reklame komersil :
  • Teks atau slogan yang jelas dan mudah dipahami. Terdiri dari teks utama (headline) dan teks penjelasan yang mendukung headline. Dengan kalimat yang mudah dipahami konsumen akan tahu apa yang kita tawarkan.
  • Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk huruf yang sesuai. Pemilihan bahasa dan kalimat harus disesuaikan dengan sasaran konsumen/pembaca yang akan menggunakan produk, begitu juga dengan bentuk dan warna hurufnya. 
  • Gambar illustrasi menarik dan mudah diingat. Ilustrasi gambarnya harus sesuai dengan produk aslinya. Obyek yang digunakan juga menyesuaikan dengan tema dan tujuan reklamenya. Misalnya gambar-gambar kartun yang lucu banyak digunakan pada reklame produk anak-anak.
  • Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan). Harus tepat dalam menempatkan posisi teks dan gambarnya. Dalam hal ini pengaturan komposisi mempunyai peran penting sehingga secara keseluruhan reklame menjadi enak dilihat dan pesan yang disampaikan cepat dipahami.
  • Warna yang menarik dan tepat sesuai dengan isi reklame. Sifat-sifat warna perlu diperhatikan, karena jenis warna sangat mempengaruhi psikologis orang yang melihatnya. Contohnya anak-anak menyukai warna-warna yang terang dan cerah, sehingga untuk reklame produk anak-anak, jenis warna seperti merah, kuning, biru, banyak digunakan.

Reklame yang baik tentunya akan dapat memenangkan persaingan. Reklame yang dapat memenangkan persaingan biasanya adalah reklame yang menarik perhatian, yang membuat konsumen penasaran akan barang yang kita tawarkan, di dalam reklame tersebut ditonjolkan keunggulan produk kita dari produk lain yang sejenis, karena akan menambah tingkat kepercayaan konsumen Pesan dikemas dengan unik dan kreatif, isi pesan harus memberikan alasan calon pembeli untuk melakukan tindakan.

Saat ini kita dapat menemukan reklame di berbagai media, misalnya saja media elektronik seperti televisi banyak sekali menayangkan berbagai reklame. Hampir sekitar setengah jam sekali muncul di televisi. Media elektronik yang lain adalah radio. Selain itu reklame juga dapat kita jumpai di media cetak seperti koran dan majalah. Media sosial juga dapat digunakan untuk menampilkan reklame, misalnya saja Facebook, Twitter. Dan yang tak kalah dengan media-media yang lain yaitu internet, di internet banyak sekali reklame yang ditampilkan baik di sebuah web maupun blog.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....