Home » » Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah pola hidup yang memperhatikan segala aspek kesehatan. Aspek kesehatan itu sendiri terdiri dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas sehari-hari dalam bekerja, olahraga, dan juga istirahat. Dengan pola hidup sehat tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang bisa jadi penyebab penyakit bagi tubuh kita.

Pola hidup sehat berhubungan dengan faktor makanan, istirahat, olahraga, dan lingkungan sekitar kita. Selain dari aspek makanan yang sehat juga bergizi satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah menjaga kondisi tubuh kita supaya tetap bugar dengan menjalani olahraga yang teratur dan menjauhi terporsirnya tenaga dan pikiran sehingga tubuh kita kecapekan dan pikiran kita stress. Lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita, lingkungan sekitar harus diperhatikan agar kita dapat hidup sehat.

Agar bisa menjalani pola hidup yang sehat, kita harus mempunyai kemauan yang kuat, bila memiliki kemauan yang kuat maka akan tercipta rasa kemampuan untuk bisa menjalani pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah cara menjalani pola hidup sehat.

1. Tidur yang Cukup
Tidur merupakan cara beristirahat yang terbaik, tidur dianggap sebagai waktu tubuh untuk beristirahat setelah lelah bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya. Tidur yang teratur dan cukup, pola tidur yang sehat sebenarnya dari jam 9 malam sampai dengan jam 6 pagi. Karena jam tidur yang normal dan sehat adalah 8-9 jam. Jika anda tidur kurang atau lebih dari 8-9 jam, akan ada kemungkinan anda akan mengalami sesuatu yang membuat anda menjadi tidak sehat. Tidur yang kurang dan tidur yang berlebihan beresiko mengganggu kesehatan badan kita

2. Makan makanan 4 sehat 5 sempurna
Makanan Empat Sehat Lima Sempurna adalah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu bila mampu, menjadi lima sempurna. Konsep ini menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan.

3. Berolahraga Rutin dan Sesuai dengan Kamampuan Tubuh
Olahraga merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga ada banyak orang yang sering melupakanya. Biasanya orang yang sibuk bekerja lupa atau tidak sempat berolahraga. Berolahraga tidak harus di tempat fitness ataupun di lapangan. Olahraga juga dapat dilakukan di rumah atau sekitar rumah kita. Olahraga ini merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh kita. Apabila kita berolahraga secara teratur, maka banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti daya tahan tubuh meningkat, bisa menguatkan tulang-tulang, menurunkan lemak pada tubuh, mengurangi stress, menambah kebugaran tubuh dam masih banyak lagi.

4. Ciptakan Lingkungan yang Sehat
Lingkungan sekitar kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Lingkungan yang sehat perlu diciptakan oleh kita sendiri. Lingkungan dalam skala yang kecil misalnya saja lingkungan rumah. Lingkungan yang perlu kita pelihara antara lain adalah, air, tanah, udara, tumbuhan dan lain sebagainya. Untuk menjaga kesegaran udara kita perlu menanam tumbuhan sebagai penghasil Oksigen. Tanamlah di sekitar rumah anda berbagai tanaman seperti, bunga-bungaan, tanaman hias, dan tanaman lainnya.

4. Bekerja Sesuai Kemampuan
Bekerja merupakan kewajiban kita untuk menafkahi keluarga kita, namun dalam bekerja kita juga harus mampu menentukan sebatas mana tubuh kita mampu untuk bekerja. Jika anda seorang pekerja, jam kerja anda maksimal 10 jam saja, jika lebih dari itu ditakutkan tubuh anda akan rentan terhadap penyakit karena terlalu berlebihan dalam penggunaannya dalam bekerja. Karena tubuh memerlukan istirahat juga untuk mengembalikannya ke keadaan yang normal kembali. Jika tubuh anda dalam keadaan tidak normal, makanya ada kemungkinan anda akan mudah terserang penyakit. Walaupun mungkin kebutuhan dalam kelurga anda juga banyak, namun perhatikanlah kesehatan anda. Ketika anda terforsir dan jatuh sakit akan merugikan anda sendiri.
pola hidup sehat
5. Menjaga pola makan
Pola makan kita perlu dijaga agar tubuh kita tetap fit. Menjaga pola makanan, artinya kita harus makan yang memenuhi standar kesehatan. Untuk itu kita dianjurkan mengetahui tentang makanan-makanan yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Banyak sekali makan yang bisa membahayakan bagi tubuh kita. Seperti makanan yang banyak mengandung pengawet, makanan junk food atau makanan cepat saji. Sebaiknya kita bisa mengatur pola makan kita seperti waktu-waktu yang baik untuk kita makan dan juga makan menyehatkan. Dan hal yang terpenting adalah menghindari makanan-makanan yang membahayakan tubuh kita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....