Home » » Pentingnya Kesehatan bagi Diriku

Pentingnya Kesehatan bagi Diriku

Ada yang berpendapat bahwa kesehatan adalah harta yang paling berharga. “Kesehatan adalah mahkota tak terlihat, dan tidak ada seorang pun yang dapat melihatnya, kecuali mereka yang sakit.” Sehat adalah nikmat, namun banyak orang mengabaikannya, dan baru teringat saat tubuh ambruk terbaring di atas pembaringan. Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat mahal, bahkan tak bisa dibeli dengan uang. Maka, pola hidup sehat harus senantiasa diterapkan.

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kita tidak boleh meremehkan kesehatan badan kita. Banyak orang memiliki berbagai keluhan kesehatan akibat tidak memperdulikan kesehatan tubuhnya baik itu keluhan yang ringan hingga keluhan yang berat seperti : kegemukan, diabetes, penyakit jantung, masalah pencernaan, dan sebagainya.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan diantaranya adalah: Olah raga, mengkonsumsi makanan bergizi, mengkonsumsi buah-buahan secara teratur, istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak. Dengan melakukan beberapa kegiatan seperti tersebut diharapkan kesehatan tubuh kita tetap terjaga, sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari hari. Agar tubuh kita tetap sehat kita dapat melakukan hal-hal seperti tersebut di bawah ini :

1. Selalu berpikir positif
Langkah pertama menjaga kesehatan badan adalah selalu berpikir positif karena di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat. Di dalam jiwa yang sehat ada pikiran yang sehat pula. Berikut ini beberapa manfaat bersikap optimis dan sering berpikir positif antara lain: lebih panjang umur, jarang mengalami depresi, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap penyakit, lebih baik secara fisik dan mental, dan mampu mengatasi kesulitan dan menghadapi stres.

2. Menjaga kebersihan
Jagalah kebersihan karena bersih pangkal sehat. Jagalah kebersihan mulai dari diri sendiri sampai lingkungan. Cara menjaga kebersihan diri antara lain dengan mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih. Dengan menjaga kebersihan diri bermanfaat untuk mendapat rasa percaya diri yang tinggi, dan badan akan selalu segar dan sehat.
Pentingnya Kesehatan bagi Diriku
Cara menjaga kebersihan lingkungan antara lain dengan memulai kebiasaan untuk membuang sampah di tempatnya, lebih baik lagi jika dipisah antara yang organik dan anorganik, bekerja sama dengan warga lingkungan sekitar untuk melakukan kegiatan bersih lingkungan, mulai dari lingkungan darat, dan juga di air, memperbaiki saluran air agar air tidak mampet dan menggenang, dan menanami lingkungan sekitar dengan pepohonan agar lebih sejuk dan nyaman.

3. Makan makanan sehat secara teratur
Langkah kedua dalam cara menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga pola makan. Makanan harus mengandung protein, vitamin, dan karbohidrat, seperti yang terkandung dalam empat sehat, lima sempurna. Selain itu harus dipehatikan pula untuk membiasakanlah sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari, makan secara teratur, tidak makan dalam jumlah berlebihan, dan hindari makan berlebih di luar makan utama.

4. Olahraga secara teratur
Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan badan. Olahraga teratur setiap hari akan menjaga tubuh selalu sehat. Dengan berolahraga secara teratur akan, mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung dan peredaran darah, membantu tidur lebih sehat, mengurangi stress, meningkatkan ketahanan fisik, memperkuat tulang, dan meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh.

5. Selalu berdoa
Karena sehat itu milik Tuhan, kita diharuskan untuk selalu berdoa atau memintanya kepada Tuhan dengan cara sesuai kepercayaan masing-masing. Tujuan Berdoa antara lain adalah sebagai berikut : memohon hidup selalu dalam bimbingan Allah SWT, agar selamat di dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat, untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, dan meminta perlindungan Allah SWT.

Menjaga kesehatan itu lebih murah daripada kita sakit terus dibawa ke rumah sakit yang harganya pasti mahal. Oleh karena itu, jagalah kesehatan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....