Home » » Manfaat Olah Raga Bagi Kesehatan

Manfaat Olah Raga Bagi Kesehatan

Olah raga merupakan aktivitas fisik maupun psikis untuk menjaga kesehatan. Olahraga merupakan salah satu aspek yang penting dari hidup sehat. Olahraga dengan teratur membantu anda untuk dapat menjaga berat badan yang ideal, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas fisik membantu sel-sel darah putih dan antibodi untuk bergerak dengan lebih cepat ke seluruh tubuh, seperti meningkatkan laju sirkulasi darah. Ini juga akan membantu menghilangkan bakteri dan mikroba penyebab penyakit. Mens sana in corpore sano, yang artinya adalah "Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat." Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga. Begitu pula sebaliknya.

Tentunya olahraga yang kita lakukan disesuaikan dengan kemampuan fisik kita. Olahraga yang terlalu berat akan membuat tubuh kita sakit, lakukan olahraga yang mampu kita lakukan dan lakukanlah dengan teratur. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berolahraga secara teratur sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan, terutama bagi orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Berikut beberapa manfaat olahraga secara teratur.

1. Mengendalikan Berat Badan
Olahraga yang teratur bermanfaat untuk menurunkan, menambah dan menjaga berat badan yang sehat. Jika kita mengalami kelebihan berat badan aktifitas fisik yang kita lakukan saat berolahraga akan menambah pembakaran kalori dalam tubuh. Program menurunkan berat badan secara sehat selalu menyertakan olahraga sebagai kunci utama selain pengaturan menu makanan. Aktifitas fisik dengan berolahraga juga dapat mempertahankan berat badan.

2. Memperkuat Tulang
Olahraga dapat meningkatkan penyerapan kalsium oleh tulang. Olahraga secara teratur menjadi salah satu aktivitas wajib dalam terapi bagi orang yang mengalami osteoporosis. Tak hanya otot saja yang dapat menjadi besar dan kuat dengan latihan, tulang juga akan menjadi kuat jika dilatih dengan olahraga rutin. Penelitian menunjukkan, para wanita dan pria muda yang rutin berolahraga ternyata memiliki tulang dengan tingkat kepadatan yang lebih tinggi. Rutin berolahraga juga penting untuk mencegah pengeroposan tulang yang umum terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Membantu Tidur Lebih Sehat
Berolahraga teratur membantu jadwal tidur teratur dan lebih nyenyak. Tidur yang cukup membuat badan terasa segar dan fit. Sebaiknya olahraga dengan intensitas tinggi tiga jam sebelum tidur. Setelah berolahraga biasanya tubuh akan merasa lelah dan butuh istirahat. Dengan olahraga sebelum tidur akan menstimulasi detak jantung, otak dan otot. Sehingga saat tiba waktunya tidur, tubuh akan melalui proses pemulihan dan anda pun bisa tidur lebih nyenyak.

4. Mengurangi Stress
Olahraga membantu tubuh merasa lebih rileks setelah melakukannya. Olahraga juga merangsang zat-zat kimia tertentu di otak yang dapat memperbaiki mood. Dengan berolahraga akan menghasilkan tidur yang lelap dan tenang. Selain itu bila Anda berolahraga di sore menjelang malam, akan menaikkan temperatur tubuh beberapa jam sebelum tidur. Saat Anda bersiap-siap tidur, temperatur tubuh pun menurun. Proses penurunan temperatur tubuh inilah yang membuat Anda menjadi ngantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

5. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah
Berolahraga secara teratur dengan intensitas dan porsi yang cukup akan membantu kelacaran aliran darah dari dan menuju ke jantung. Dengan berolahraga melatih jantung memompa darah lebih cepat sehingga membantu menguatkan otot jantung dan pembuluh darah. Berolahraga juga dapat mengurangi kelebihan lemak tubuh dan kolesterol dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah.

olahraga sehat
6. Meningkatkan Ketahanan Fisik
Orang yang terbiasa berolahraga mempunyai daya tahan fisik yang lebih lama untuk bekerja. Dengan berolahraga yang teratur akan meningkatkan stamina anda. Tentunya olahraga yang kita lakukan tidak terlalu berat, misalnya olahraga jogging dan jalan sehat. Selain itu olahraga juga bermanfaat membuat pikiran lebih relaks.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap beberapa penyakit. Olahraga merupakan salah satu aspek yang penting dari hidup sehat. Aktivitas fisik membantu sel-sel darah putih dan antibodi untuk bergerak dengan lebih cepat ke seluruh tubuh, seperti meningkatkan laju sirkulasi darah. Ini juga akan membantu menghilangkan bakteri dan mikroba penyebab penyakit. Olahraga dapat meningkatkan tingkat suhu tubuh yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan patogen merugikan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....