Home » » Macam Macam Sumber Air

Macam Macam Sumber Air

Sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagi manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian, industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan. Sangat jelas terlihat bahwa seluruh manusia membutuhkan air tawar.. Sumber utama air sangat banyak jumlahnya. Sumber air dapat dipilah menjadi beberapa kelompok, yaitu sumber air angkasa ( air hujan dan salju), air permukaan (air sungai, danau, reservoir), serta air tanah (air dari mata air, sumur dangkal, dan sumur dalam)

A. Air Angkasa
Air hujan jumlahnya sangat terbatas dipengaruhi antara lain oleh musim, jumlah, intensitas, dan distribusi hujan. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh letak geografis suatu daerah. Kulitas air hujan sangat dipengaruhi oleh kualitas udara di daerah tersebut. Pencemaran yang mungkin timbul antara lain berupa debu, dan beberapa gas yang mempengaruhi kualitas air. Secara alami kualitas air hujan relatif baik, namun jarang mengandung mineral dan sifatnya seperti air suling. Air hujan biasanya dimanfaatkan apabila kita mengalami kesulitan memperoleh air tanah atau air permukaan.

Air Permukaan

B. Air Permukaan
Air permukaan dapat berupa air yang menggenang atau mengalir, misalnya air laut, air danau, dan air sungai. Air permukaan banyak tersedia di alam. Kondisi tersebut sangat beragam karena dipengaruhi oleh banyak hal berupa elemen meteorologi, dan elemen daerah pengairan. Kualitas air permukaan tergantung dari daerah yang dilewati oleh aliran air. Pada umumnya, kualitas air permukaan tidak terlalu baik karena banyak mengandung lempung dan substansi orgamik. Atas dasar kandungan bahan terendapkan dan bahan tersuspensi maka air sungai relatif lebih rendah daripada kualitas air danau (pond), rawa. dan reservoir. Air permukaan umumnya dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, setelah melelui proses tertentu.

C. Air Tanah
Air tanah adalah air permukaan yang meresap ke dalam tanah sehingga mengalami penyaringan secara alami oleh tanah, batu-batuan, maupun pasir. Ciri-ciri air tanah yaitu memiliki suspended solids tinggi. Permasalahan pada air tanah yang mungkin timbul adalah tingginya angka kandungan total disolved solid (TDS), besi, mangan, dan keadahan tanah. Air tanah dapat dimanfaatkan setelah proses penggalian atau pengeboran, misalnya sumur gali dan sumur bor.

Air tanah dan air permukaan merupakan sumber air yang mempunyai ketergantungan satu sama lain, Air tanah adalah sumber persediaan air yang sangat penting, terutama di daerah-daerah di mana musim kemarau atau kekeringan yang panjang menyebabkan berhentinya aliran sungai.

Banyak sungai di permukaan tanah yang sebagian besar alirannya berasal dari air tanah, sebaliknya juga aliran air sungai merupakan sumber utama untuk imbuhan air tanah. Pembentukan air tanah mengikuti siklus peredaran air di bumi yang disebut daur hidrologi, yakni proses alamiah yang berlangsung pada air di alam, yang mengalami perpindahan tempat secara berurutan dan terus menerus.

Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi, sehingga tidak ada kehidupan seandainya di bumi tidak ada air. Ada dua sumber air tanah yaitu:
  • Air hujan yang meresap ke dalam tanah melalui pori-pori atau retakan dalam formasi batuan dan akhirnya mencapai muka air tanah.
  • Air dari aliran air permukaan seperti sungai, danau, dan reservoir yang meresap melalui tanah ke dalam lajur jenuh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....