Home » » Kelapa Tanaman Serba Guna

Kelapa Tanaman Serba Guna

Kelapa merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Pohon kelapa yang disebut juga dengan pohon nyiur biasanya tumbuh pada daerah atau kawasan tepi pantai. Sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pohon kelapa. Mulai dari batang, daun dan buahnya, semua dapat dimanfaatkan. Benih tanaman ini juga digunakan sebagai lambang Gerakan Pramuka Indonesia.

Pohon kelapa banyak dijumpai di pantai, karena penyebaran benihnya yang menyebar melalui air. Benih kelapa memiliki ciri khas yang berbeda dari benih tanaman lainnya. Tumbuhan yang benihnya disebarkan melalui air memiliki struktur yang kompak dan berlapis. Buah kelapa memiliki lapisan yang tahan air, dan massa jenisnya lebih ringan dibanding massa jenis air, sehingga dapat mengapung. Sel-sel yang berisi udara pada kelapa memiliki struktur berpori, sehingga udara dapat terkurung di dalam benih. Biji kelapa dapat terbawa arus air laut sampai ribuan kilometer. Ketika tersapu ke darat, biji tersebut mulai berkecambah, dan tumbuh menjadi pohon kelapa

1. Bagian-bagian Buah Kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga. Buah kelapa ini banyak sekali manfaatnya, misalnya
  • Kulit luar. Kulit luar merupakan lapisan tipis yang mempunyai permukaan licin dengan warna bervariasi dari hijau, kuning sampai jingga. Jika tidak ada goresan dan robek, kulit luar kedap air. Biasanya kelapa yang sudah tua memiliki warna cokelat tua.
  • Sabut kelapa. Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa. Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkan satu serat dengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Serat inilah yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat tali, sapu, dan kesed.
  • Tempurung. Tempurung atau batok merupakan lapisan keras yang melindungi daging kelapa. Tempurung ini biasanya digunakan sebagai bahan kerajinan.
  • Kulit daging buah. Kulit daging buah adalah lapisan tipis coklat pada bagian terluar daging buah. Pada saat digunakan untuk bahan makanan kulit daging buah ini biasanya dibuang terlebih dahulu.
  • Daging buah. Daging buah merupakan lapisan tebal berwarna putih. Daging buah tua merupakan bahan sumber minyak nabati dan juga sering digunakan sebagai penyedap masakan.
  • Air kelapa. Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral. Kandungan zat gizi ini tergantung kepada umur buah. Air kelapa dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan nata de coco. Selain itu air kelapa juga bagian penting dalam pohon kelapa dan bisa dimanfaatkan untuk membuat kecap.

Kelapa Tanaman Serba Guna
2. Manfaat Pohon Kelapa
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pohon kelapa, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah kelapa.
  • Akar Kelapa. Selain berfungsi sebagai penopang pohon dan penyimpanan air, akar pohon kelapa memiliki manfaat bagi kehidupan. Akar ini bisa dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. Akar kelapa ini dapat menghasilkan warna cokelat. Selain itu akar kelapa dapat juga dimanfaatkan untuk obat-obatan, akar kelapa dapat dimanfaatkan untuak mangatasi penyakit kulit dan demam.
  • Batang. Batang kelapa (glugu) yang sudah tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Bagian rumah yang biasanya terbuat dari batang kelapa ini adalah pada rangka atas bangunan rumah, seperti kuda-kuda, gording, dan usuk. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampai permukaannya licin dengan tekstur yang menarik.
  • Daun. Daun kelapa atau sering disebut janur (Jawa). Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan, sarang ketupat dan juga atap rumah. Hiasan pada pernikahan adat Jawa biasanya menggunakan daun kelapa yang masih muda atau janur. Atap rumah dibuat dari daun kelapa yang sudah tua dengan cara dianyam, dalam bahasa jawa dinamakan bleketepe. Tulang daun kelapa atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate). Biasanya daun kelapa yang sudah tua dan kering dimanfaatkan sebagai kayu bakar.
  • Bunga. Bunga kelapa menghasilkan nira yang digunakan sebagai bahan pembuat gula merah. Cara mendapatkan nira dengan cara mengiris bagian ujung bunga kelapa (manggar), kemudian nira dilirkan tempat penampungan yang terbuat dari bambu. Nira dapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga konsentrasi gula meningkat dan kental. Bila didinginkan, cairan ini akan mengeras yang disebut gula kelapa. Nira juga dapat dikemas sebagai minuman ringan.
  • Buah. Banyak dari bagian buah merupakan bahan yang bermanfaat. Sabut kelapa yang telah dibuang gabusnya merupakan serat alami untuk

    pelapis jok dan kursi, serta untuk pembuatan tali Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Daging kelapa merupakan bagian yang paling penting dari buah kelapa. Daging kelapa yang cukup tua, diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra, dan minyak goreng. Sedang daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan sebagai media pada fermentasi nata de coco.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....