Home » » Keistemawaan Daerah di Dekat Garis Khatulistiwa

Keistemawaan Daerah di Dekat Garis Khatulistiwa

Khatulistiwa adalah garis imaginer (khayal) yang melintang di tengah bumi diantara kutub utara dan kutub selatan. Khatulistiwa disebut juga equator yang membagi duni menjadi dua bagian yang sama. Bagian tersebut adalah belahan bumi bagian utara yang berada di atas garis khatulistiwa dan belahan bumi bagian selatan yang berada di bawah garis khatulistiwa. Garis ini dijadikan sebagai patokan titik awal derajat lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Indonesia merupakan negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa, sehingga banyak orang menyebut Indonesia dengan sebutan Negeri Zamrud Khatulistiwa.

Keistimewaan daerah yang dilalui Khatulistiwa
Wilayah yang dilalui oleh garis khatulistiwa ternyata memiliki keistimewaan dibandingkan dengan daerah yang jauh dari garis khatulistiwa. Keistimewaan tersebut antara lain :
  • Seluruh wilayah yang dilalui garis khatulistiwa memiliki iklim tropis. Iklim tropis terletak antara 0° – 23 1/2° LU dan 23 1/2 LS dan hampir 40 % dari permukaan bumi.
  • Curah hujan, suhu, dan kelembapan rata-rata harian di wilayah ini tergolong tinggi
  • Matahari terus bersinar sepanjang tahun, sehingga berbagai hewan dan tumbuhan dapat hidup di daerah tersebut. Sehingga flora dan fauna di wilayah yang dilalui garis khatulistiwa sangat beragam.

Selain garis khatulistiwa yang ada di bumi, ternyata ada juga garis khatulistiwa langit dan magnetik. Khatulistiwa langit adalah sebuah lingkaran imaginer yang mengelilingi angkasa tempat benda-benda angkasa berada. Khatulistiwa langit ini sangat berguna dalam menentukan lokasi bintang dan planet. Sedangkan khatulistiwa magnetik adalah garis imajiner yang menentukan semua titik berjarak sama dari kutub magnetik utara maupun kutub magnetik selatan.

Daerah dan Negara  yang dilalui garis Khatulistiwa
Di Indonesia sendiri ada 8 provinsi yang dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, dan
tugu khatulistiwa
Papua. Provinsi Kalimantan Barat adalah provinsi yang paling panjang dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu sepanjang 466 km. Garis lintang 0 derajat berada di Kota Pontianak, sehingga Pontianak dikenal sebagai "Kota Khatulistiwa".

Selain melalui wilayah negara kita, garis khatulistiwa ini juga melalui beberapa negara lain di dunia. Beberapa negara di dunia yang dilalui oleh garis khatulistiwa adalah sebagai berikut : Sao Tome and Priciple, Gabon Republik of The Kongo, Uganda, Kenya, Somalia (benua Afrika), Maladewa, Indonesia, (Asia), Kiribati (Pasifik),  Amerika Serikat (Amerika Utara), Ekuador, Kolomnia, Brazil (Amerika Selatan).

Diameter bumi bumi yang diukur dari kutub utara sampai kutub selatan lebih pendek daripada diameter khatulistiwa. Diameter bumi antarkutub adalah 12.713,54 km. Sedangkan diameter bumi melalui khatulistiwa adalah 12.756,32 km. Dengan demikian diameter bumi antarkutub lebih pendek 42,76 km dibandingkan dengan diameter kutub melalui khatulistiwa. Jarak keliling bumi terpanjang terletak sedikit di selatan khatulistiwa.

Kulminasi
Kulminasi adalah peristiwa ketika matahari berada di garis bujur tempat kita berdiri. Kulminasi atas terjadi pada siang siang hari (pusat matahari benar-benar berada di garis bujur tempat kita berdiri). Sedangkan kulminasi bawah terjadi di tengah malam saat pusat matahari berada di garis bujur balik belahan bumi tempat kita berdiri. Jika kita berada di garis khatulistiwa, matahari akan tepat berada di atas kepala saat kulminasi terjadi antara tanggal 21 - 23 Maret dan 21 - 23 September.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....