Home » » Cara Merawat Rangka

Cara Merawat Rangka

Tulang-tulang pada rangka manusia harus dirawat supaya tetap sehat. Cara merawat kesehatan tulang di antaranya dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang bergizi. Berolahraga secara teratur dapat memperkuat tulang. Berolahraga sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari. Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tulang. Sinar matahari pagi membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Rangka berfungsi sebagai penopang dan penunjang tegaknya tubuh, menguatkan tubuh, tempat melekatnya otot, memberi bentuk tubuh, serta melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak.

Contoh rangka pelindung bagian tubuh yang lunak sebagai berikut.
  • Tengkorak kepala melindungi otak, mata, telinga, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas.
  • Ruas-ruas tulang leher melindungi tenggorokan dan kerongkongan.
  • Tulang dada melindungi paru-paru, jantung, dan alat pencernaan.
  • Rangka pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi.

Cara Merawat Rangka

Agar rangka tubuh kita tetap sehat dan tidak mengalami gangguan, maka harus dirawat dengan baik dan dengan cara yang benar. Cara merawat rangka tubuh dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

1. Sikap Duduk Yang Baik
Biasakanlah duduk di atas kursi dengan punggung menyandar agar tulang-tulang punggung kita tidak bengkok. Perhatikan bagaimana posisi duduk Anda, dan hati-hati bila Anda memiliki kebiasaan duduk atau berdiri yang kurang baik karena hal ini dapat mempengaruhi tulang anda. Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu kebelakang. Paha menempel di dudukan kursi dan bagian pinggang harus menyentuh bagian belakang kursi.

Angkat Beban Sesuai Kemampuan
Jangan memaksakan diri mengangkat beban yang berat dan mungkin melebihi kemampuan Anda, Sebaiknya, saat kita akan mengangkat beban berat, kita harus menjaga posisi punggung agar tetap tegak. Apabila saat membawa beban juga lakukan pergantian tumpuan beban, misalnya setelah sekian menit pendahkan beban ke pundak sebelah kiri, selanjutnya pindahkan beban ke pundak yang lain secara berhantian.

Berjemur di Pagi Hari
Lakukan kegiatan berjemur di waktu pagi hari karena waktu pagi hari sinar matahari banyak mengandung vitamin D. Sumber utama vitamin D yang mudah dan murah ditemukan berasal dari sinar matahari. Hanya dengan 10 menit berjemur diantara jam 7-9 pagi, Lakukan berjemur secara rutin di pagi hari. Dengan berjemur di pagi hari anda sudah melakukan perwatan rangka Anda.

Olah Raga Secara Teratur
Lakukan olah raga yang teratur dan sesuai dengan kekuatan fisik kita. Dengan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan penyerapan kalsium oleh tulang. Dengan terpenuhinya kebutuhan kaslium tulang akan menjadi sehat. Imbasnya juga dapat memperkuat jaringan di sekitar sendi dan mengurangi ketidaknyamanan sendi jika olahraga dilakukan dengan cara dan aturan yang benar.

Biasakan Makan Makanan Bergizi
Sebenarnya pembentukan dan pemeliharaan tulang ini tidak hanya karena vitamin D. Karena vitamin D tetap dapat berkolaborasi dengan vitamin lain seperti vitamin C untuk dapat membantu pembentukan tulang. Namun fungsi khusus dari vitamin D adalah untuk membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur untuk kalsium dan fosfor pada tubuh agar ada di dalam darah yang kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang.

Kalsium adalah nutrisi yang paling penting dalam pembentukan tulang, dan vitamin D adalah nutrisi yang paling baik karena membantu tubuh menyerap kalsium. Konsumsi makanan yang mengandung Kalsium dan vitamin D seperti susu, keju, yoghurt, telur, almond, kedelai, ikan tuna, ikan salmon, ikan lele, bayam, sawi, brokoli, pisang, jus jeruk dan sereal dapat mencegah osteoporosis dan penyakit yang berhubungan dengan tulang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....