Home » » Alat untuk Properti Tari

Alat untuk Properti Tari

Ketika menari seorang penari biasanya menggunakan alat atau benda untuk menunjang penampilan. Properti tari (perlengkapan tari) adalah perlengkapan yang tidak termasuk kostum, tidak termasuk pula perlengkapan panggung, tetapi merupakan perlengkapan penari. Misalnya kipas, pedang, tombak, payung, keris, rangkaian bunga, piring, lilin, sapu tangan, panah, topeng, dan lain sebagainya. Ternyata properti tari tersebut merupakan benda-benda yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kipas
Kipas merupakan alat yang fungsinya untuk menghasilkan aliran udara. Misalnya saat cuaca panas kita menggunakan kipas untuk mendingingkan tubuh kita. Cara menggunakan kipas adalah dengan cara menggerakan benda tersebut ke arah depan dan belakang secara berulang-ulang sehingga udara yang ada di sekitar kibas akan bergerak. Dengan gerakan udara tersebut panas yang ada di tubuh kita dapat berkurang. Kipas ini ternyata juga digunakan sebagai properti pada beberapa tarian tradisional.

Salah satunya adalah tari Kipas Pakarena yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan atau tari Legong yang berasal dari Provinsi Bali.

Pedang
Pedang merupakan senjata yang digunakan untuk berperang pada jaman dahulu. Untuk saat ini pedang mungkin hanya digunakan untuk hiasan rumah saja. Pedang ini juga merupakan properti tari pada beberapa tarian daerah yang ada di Indonesia. Contohnya adalah tarian, misalnya pada tarian Pedang Mualang Suku Dayak di Kalimantan dan Tari Pedang yang berasal dari Provinsi Bengkulu.

Tombak
Tombak fungsi sebenarnya hampir sama dengan pedang yaitu digunakan sebagai senjata dalam berperang pada jaman dahulu. Namun dengan semakin majunya teknologi tombak sudah tidak digunakan lagi untuk berperang. Ada beberapa tarian daerah yang menggunakan tombak ini sebagai propertinya, antara lain Tarian Kabasaran, tarian adat tradisional Minahasa dan Tari Lawung dari keraton Yogyakarta.

Payung
Dalam kehidupan sehari-hari payung digunakan untuk melindungi tubuh kita baik dari terik matahari maupun dari air hujan. Alat ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan alat payung ini dapat membantu kita saat bepergian pada saat hujan maupun saat terik matahari. Alat ini juga digunakan sebagai properti tari pada Tari Payung adalah tari tradisional dari Sumatra Barat dan Tari Bondan yang berasal dari Jawa Tengah.

Keris
Keris merupakan senjata tikam berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok. Beberapa tarian daerah yang menggunakan senjata ini adalah Tari Serimpi dari Jogjakarta dan Tari Remo yang berasal dari Jawa Timur.

Rangkaian Bunga
Rangkaian bunga dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan pada saat menjemput tamu atau juga digunakan sebagai ucapan selamat. Bunga merupakan cara untuk meberitahukan perasaan. Mengirimkan karangan bunga merupakan pilihan yang tepat, karena bunga simbol penghargaan kepada orang yang dicintai, pengingat kasih sayang dan persahabatan anda kepada orang lain. Rangkaian bunga juga digunakan dalam tari Baksa Kambang dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Piring
Piring merupakan merupakan benda yang digunakan sebagai alat makan. Piring terbuat dari kaca, rotan, porselen, batu, plastik, logam, atau gelas bahkan yang semakin berkembang terbuat dari melamin. Alat ini digunakan sebagai properti pada tari Piring dari Sumatera Barat. Tari Piring merupakan sebuah simbol masyarakat Minangkabau. Di dalam tari piring gerak dasarnya terdiri daripada langkah-langkah Silat Minangkabau atau Silek.

Lilin
Lilin adalah alat penerangan yang menggunakan dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Bahan baku lilin adalah parafin. Dengan menyebarnya penerangan listrik, saat ini lilin lebih banyak digunakan untuk keperluan lain, misalnya dalam upacara agama, perayaan ulang tahun, pewangi ruangan, dan sebagainya. Lilin digunakan sebagai properti Tari Lilin yang berasal dari Sumatera Barat. Konon seorang gadis telah ditinggalkan oleh tunangan yang pergi berdagang mencari harta. Selama peninggalan tunangannya itu gadis telah kehilangan cincin pertunangan. Gadis tersebut mencari-cari cincin sampai larut malam dengan menggunakan lilin yang ditempatkan pada piring. Gerakan tubuh yang meliuk, membungkuk, menengadah (berdoa) melahirkan keindahan sehingga peristiwa ini telah melahirkan Tari Lilin di kalangan gadis-gadis desa itu.

Sapu Tangan
Dalam kehidupan sehari hari sapu tangan digunakan sebagai alat kebersihan pribadi, antara lain mengelap tangan, menutup mulut ketika batuk, dan bersin, membersihkan bagian luar mulut, dan membuang ingus.aTari Sapu tangan merupakan salah satu tari tradisional yang terdapat di daerah Talaok, Pesisir Selatan Sumatera Barat. Secara koreografis Tari Saputangan merupakan perkembangan dari Tari Rantak Kudo yang lebih dahulu muncul di daerah tersebut. Tari ini dibawakan oleh sepasang laki-laki dewasa dengan memakai properti saputangan.

Panah
Biasanya panah digunakan untuk berburu dan pada masa lalu sebagai salah satu peralatan perang. Selain itu panah juga digunakan sebagai alat utama dalam olahraga panahan. Panah juga digunakan sebagai properti tari Merupakan jenis tari klasik Banjar dengan gerakan memanah yang disebutkan dalam Hikayat Banjar dan Tari Wira Pertiwi berasal dari Jawa Tengah.

Topeng
Topeng adalah alat yang dipakai untuk menutupi wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya
topeng klana
untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian. Di Pulau Kalimantan, suku Dayak menggunakan topeng dalam Tari Hudog yang sering dimainkan dalam upacara keagamaan dari kelompok suku Dayak Bahau dan Modang. Tari Topeng Bali adalah sebuah tradisi yang kental dengan nuansa ritual magis, umumnya yang ditampilkan di tengah masyarakat adalah seni yang disakralkan. Topeng Ireng adalah satu bentuk tradisi seni pertujukan yang berasimilasi dengan budaya lokal Jawa Tengah. Tari Topeng Cirebon adalah salah satu tarian di tatar Parahyangan. Kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Indramayu, Jatibarang, Losari, dan Brebes.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:28 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....