Home » » Unsur-unsur dalam iklan

Unsur-unsur dalam iklan

Iklan atau pariwara merupakan bagian penting dalam mempromosikan atau menawarkan suatu barang ataupun jasa. Kita dapat melihat iklan diberbagai media seperti koran, majalah, radio, teleivisi, internet. Apa itu Iklan? Iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa yang dibuat oleh pembuat barang yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat umum. Cara yang sangat ampuh untuk memperkenalkannya produk kepada orang banyak adalah dengan beriklan.

Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibuat semenarik mungkin dan seefektif mungkin. Iklan memiliki peranan yang sangat penting dalamm memasarkan produk agar dapat di kenal oleh masyarakat. Sehingga sangat penting bagi produsen untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas produknya. Dari sisi si pembuat barang atau si penyedia jasa iklan memiliki tujuan sebagai berikut :

Memberi tahu masyarakat
Melalui iklan si pembuat barang atau si penyedia jasa ingin memberitahukan bahwa telah ada barang atau jasa yang mungkin mereka butuhkan. Iklan tersebut memberikan informasi mengenai kelebihan produk tersebut dibandingkan dengan produk sejenis yang lainnya. Adanya iklan membuat konsumen sadar akan merek-merek baru,
Unsur-unsur dalam iklan
Mengajak masyarakat supaya membeli produk tersebut

Biasanya dalam iklan ada kata atau kalimat yang berisi ajakan untuk membeli produk tersebut. Dengan ajakan tersebut masyarakat didorong untuk mencoba menggunakan produk yang ditawarkan. Iklan yang efektif akan mampu membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

Mendukung terjadinya penjualan
Iklan diharapkan memberikan rangsangan dan mendorong masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan. Dengan beriklan diharapkan konsumen dapat bertindak untuk membeli produk tersebut.

Untuk membuat iklan yang baik dan menarik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sehingga iklan akan efektif dan memberikan manfaat terhadap produk yang ditawarkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan, antara lain sebagai berikut

Kalimatnya singkat dan jelas.
Contoh pada headline atau yang kepala pesan iklan. Headline ini berfungsi untuk menarik perhatian awal pembaca. Headline yang menarik dapat menahan mata untuk berhenti sejenak melihat produk yang ditawarkan. Ciri-ciri headline antara lain sebagai berikut : Tulisan menonjol, baik dari segi ukuran maupun warna, Umumnya kalimat headline pendek, bahkan satu kata saja bisa menarik perhatian. Berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan kuat sehingga menarik minat perhatian masyarakat

Bahasanya mudah dipahami dan menarik
Sajikan iklan dengan bahasa yang mudah dipahami, karena kemampuan masing-masing dalam memahami arti bahasa berbeda-beda. Selain itu bahasa juga harus menarik karena suatu iklan dengan bahasa yang baik akan lebih menarik.

Tulisan dan gambarnya menarik.
Penggunaan warna pada tulisan dan gambar harus diperhatikan, contohnya warna merah memberi kesan berani. Warna di yakini mempunyai dampak psikologis terhadap manusia. Dampak tersebut dapat di pandang dari berbagai macam aspek, baik panca indera aspek budaya.

Bagian-bagian Iklan
  • Headline Headline merupakan kepala iklan, biasanya headline merupakanrangkaian kalimat atau kata-kata pendek, dan seringkali berupa slogan. Ciri-ciri headline antara lain :tulisan menonjol, mumnya kalimat pendek, bahkan satu kata saja, berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan kuat sehingga menarik minat perhatian masyarakat
  • Subjudul. Sub Judul merupakan bagian dari iklan yang bertugas untuk menjabarkan lebih jauh pesan yang terdapat dalam judul. Ciri-ciri subjudul antara lain sebagai berikut : uruf lebih kecil dari headline , terkadang di tulis dengan warna yang berbeda , huruf tebal dan warna yang berbeda. letak sub headline berdekatan dengan headline.
  • Teks iklan Isi iklan atau naskah iklan yang dicetak dengan menggunakan jenis huruf yang lebih kecil daripada baris display. 
  • Harga. Orang biasanya sangat peka terhadap harga, dan mungkin akan dijengkelkan oleh suatu iklan yang tidak mencantumkan, paling tidak mencantumkan harga yang terendah. 
  • Nama dan alamat Mungkin saja sudah cukup hanya dengan menyebutkan nama produk atau perusahaan pada iklan tersebut, didukung dengan logo, tetapi pengiklam lain ada yang mencantumkan alamat dan nama mereka dengan jelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pembaca dapat mengenali mereka dengan jelas. 
  • Signature slogan atau strapline Ini adalah baris kalimat penutup, dan hal ini dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra perusahaan

Unsur - Unsur Iklan
  • Attention ( perhatian ). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  • Interest ( minat ). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  • Desire ( keinginan ). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
  • Conviction ( rasa percaya ). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  • Action ( tindakan ). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....