Home » » Permainan Sepak Bola Mini

Permainan Sepak Bola Mini

Sepakbola merupakan cabang olahraga yang berbentuk permainan dan di dalamnya terdapat beberapa macam keterampilan dasar bermain sepakbola. Permainan sepakbola merupakan salah satu materi wajib ada dalam pembelajaran penjas. Permainan sepak bola mini merupakan modifikasi daripada sepak bola biasa(untuk dewasa). Sepak bola mini berbeda aturan dan permainanya dengan futsal. Sepak bola mini memang ditujukan untuk siswa sekolah dasar sehingga bentuk lapangan dan peraturannya juga disesuaikan. Olah raga ini hanya sebagai permainan saja, dan bukan untuk mengejar prestasi.

Teknik Dasar Permainan
Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Pada dasarnya teknik permainan sepak bola mini sama dengan teknik permainan sepak bola standar. Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Teknik dasar permainan sepak bola mini antara lain sebagai berikut :

Kontrol Bola
Bola dalam permainan dapat menggelinding dengan cepat di lapangan. Meredam bola atau mengontrol bola dapat menghentikan laju bola. Untuk menghentikan bola dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan dengan sisi kaki, dengan paha, dan menggunakan dada.

A. Meredam bola dengan sisi kaki
Meredam bola dengan sisi kaki merupakan cara yang baik untuk mengontrol bola yang menggelinding di lapangan. Meredam dengan sisi kaki dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Pindahkan bobot tubuhmu ke kaki tumpuanmu, gunakan lenganmu untuk keseimbangan.
  • Saat bola datang, angkatlah kakimmu dan cobalah untuk mengarahkan bola dengan sisi kakimu.
  • Bola akan jatuh ke tanah, setelah bola jatuh ke tanah dan dapat kamu kuasai kamu dapat berlari sambil menggiring bola, mengumpan ataupun menendang bola.

B. Memerangkap Bola
Memerangkan bola dalah cara mengontrol bola yang menggelinding menggunakan tapak sepatu. Hati-hati ketika memerangkap bola, jangan menginjak bola sebab bola dapat terlontar menjauhi kakimu (bola terlepas).

C. Meredam Bola dengan paha
Bola yang jatuh dari atas dapat kita kontrol menggunakan paha. Caranya angkatlah kakimu bagian atas (paha) sehingga hampir sejajar dengan tanah. Ketika bola datang, tariklah kakimu ke bawah sedikit untuk meredam bola. Usahakan bola jatuh di depan kakimu sehingga mudah untuk kamu kuasai. Jika meredam bola dengan paha ini dilakukan dengan cara yang kurang tepat bola akan menjadi liar dan sulit kita kuasai.

D. Meredam Bola dengan dada
Untuk meredam bola dengan dada diperlukan keterampilan yang cukup baik, sebab apabila bola jatuh pada posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan rasa sesak di dadamu.. Untuk meredam bola dengan dada rentangkanlah kakimu dengan lebar untuk keseimbangan. Saat bola datang condongkan tubuhmu ke belakang untuk meredam bola. Ketika bola jatuh di depan kakimu, hentakan kakimu di atas bola untuk mengontrolnya.

E. Meredam Bola dengan kura-kura kaki
Bola yang datang dari atas dapat kita redam dengan kura-kura kaki. Bola yang datang dari atas kontrolah menggunakan bagiab atas sepatumu, tepatnya bagian tali sepatu berada. Angkatlah kakimu dengan ujung sepatu sedikit menghadap ke bawah, dan saat bola datang gerakan kakimu turun ke bawah.

Mengumpan (passing)
Mengumpan merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Umpan dapat menghubungkan semua pemain di lapangan dan memungkinkan adanya serangan. Berikut ini beberapa cara mengumpan.

A. Mengumpan dengan sisi kaki
Kamu dapat menggunakan kaki bagian dalammu untuk melakukan umpan kepada temanmu. Teknik ini merupakan teknik umpan yang paling mudah dilakukan. Teknik umpan ini digunakan untuk umpan jarak pendek atau sedang. Cara melakukan umpan dengan kaki bagian dalam adalah sebagai berikut :
  • Letakkan bola di depanmu, disamping kaki yang akan kamu gunakan sebagai kaki tumpuan.
  • Ayunkan kakimu ke belakang dan doronglah bola tepat di bagian tengahnya dengan kaki bagian dalammu.
  • Ikuti gerakan secara perlahan, pandanglah bola saat kamu mengumpan.

B. Umpan lambung dengan kura-kura kaki
Teknik umpan ini sama seperti umpan dengan kaki bagian dalam, hanya hasil umpan yang dilakukan akan melambung dan bola terlempar lebih jauh. Gunakan umpan ini untuk melakukan umpan silang dan sapu bersih di daerah pertahanan. Cara melakukan umpan dengan kura-kura kaki adalah sebagai berikut :
  • Kaki tumpuanmu harus di letakan di samping agak kebelakang bola yang akan kamu tendang. Ayunkan kaki yang kamu gunakan untuk menendang dengan lembut, dengan ujung kakimu mengarah ke bawah.
  • Arahkan kakimu yang untuk menendang ke bagian tengah bola bagian bawah. Condongkan sedikit ke belakang untuk membantu melambungkan bola lebih tinggi. Pusatkan pandanganmu pada bola.
  • Setelah menendang bola kakimu harus mengikuti arah bola dan bergerak agak menyaping.

Menggiring, melindungi, dan memblok bola
Pada saat kamu berlari sambil membawa bola dan mencoba untuk melewati lawan ini disebut menggring (dribbling) bola. Saat bergerak doronglah bola dengan kaki bagian dalam dan bagian luar. Untuk melewati lawan bola yang kita kuasai harus kita lindungi agar tidak direbut lawan. Untuk melindungi bola dapat dilakukan dengan cara menempatkan badan diantara bola dan lawan. Sambil melindungi bola pemain tidak boleh mendorong atau melanggar lawannya. Setelah bola kita giring selanjutnya dapat kita umpan atau kita tendang.

Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :
  • Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
  • Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
  • Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir kedepan. Bola bergulir harus selalu dekatdengan kaki agar bola dapat dikuasai Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
  • Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

Menendang ( kicking )
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.

A. Menendang dengan kaki bagian dalam.
Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
Analisis geraknya adalah sebagai berikut :
  • Badan menghadap sasaran di belakang bola.
  • Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.
  • kaki tending ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
  • etelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, ( gerakanlanjutan ).

B. Menendang dengan kaki bagian luar
Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
  • Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
  • Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap kedalam.
  • Kaki tending ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan.
  • Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah –tengah bola.
  • Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajatmenghadap sasaran.

C. Menendang dengan punggung kaki
Pada umumnyamenendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting.
  • Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit ditekuk.
  • Kaki tendaing berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadapkedepan / sasaran.
  • Kaki tending tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.
  • Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepatpada tengah – tengah bola.
  • Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.

Menyundul Bola (heading)
Menyundul bola harus dilakukan dengan teknik yang benar, jika teknik kita tidak benar kepala akan terasa pusing. Menyundul bola dapat dilakukan dengan cara pada saat bola datang tariklah bagian tas tubuh dan kepalau sedikit ke belakang dan jangan memejamkan mata. Selanjutnya doronglah kepalamu ke depan untuk menjemput bola tepat di bagian tengah dahimu. Kencangkan otot lehermu untuk membantu mengarahkan bola.

Mentundul bola juga dapat dilakukan agar bola mengarah ke bawah baik sebagai umpan maupun sebagi tembakan. Untuk melakukan teknik ini dapat dilakukan dengan cara menyundul bagian tengah bola agak ke atas, hasil dari sundulan ini bola akan mengarah ke bawah.

Peraturan Permainan Sepak Bola Mini
Peraturan permainan sepak bola mini sama dengan peraturan sepak bola biasa. Biasanya dilakukan sedikit perubahan untuk menyesuaikan dengan umur anak. Misalnya dalam permainan sepak bola mini biasanya tidak menggunakan offside. Beberapa peraturan sepak bola mini antara lain sebagai berikut :
  • Lama bertanding : 2 x 20 menit dengan waktu istrahat 10 menit.
  • Bola yang digunakan ukuran No 4 (empat).
  • Pemain Sepak Bola Mini (7 pemain inti dan 3 cadangan).
  • Pergantian pemain bebas (tidak ditentukan jumlahnya).
  • Jumlah pemain dalam permainan adalah 7 lawan 7.
  • Jika terjadi draw biasanya langsung diadakan tendangan pinalti (tidak menggunakan perpanjangan waktu)
  • Penggunaan kartu merah dan kartu kuning tidak diberlakukan, jika ada pemain yang melanggar hanya diberi peringatan saja.
  • Offside tidak diberlakukan.

Peralatan Permainan Sepak Bola Mini
Permainan sepak bola mini menggunakan beberapa peralatan sebagai berikut :

Lapangan :Ukuran lapangan : 60 m x 40 m. Tinggi gawang : 2 meter dan lebar gawang : 5 meter, Jarak tendangan pinalti : 9 meter Daerah pinalti : 12 meter x 13 meter. Lama bertanding : 2 x 20 menit. Bola yang digunakan ukuran no 4 (empat). Pemain Sepak Bola Mini (7 pemain inti dan 3 cadangan). Jumlah pemain dalam permainan adalah 7 lawan 7.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....