Home » » Permainan Bola Basket Mini

Permainan Bola Basket Mini

Permainan bola basket merupakan permainan bola besar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Bola basket mini adalah modifikasi olahraga basket yang ditujukan untuk anak-anak 5-12 tahun. Filosofi dari basket mini adalah membuat olahraga basket menjadi menyenangkan untuk anak tanpa mengubah substansinya.

Permainan bola basket yang dimaksud dalam tulisan ini adalah bola basket mini untuk anak Sekolah Dasar. Bola Basket Mini merupakan modifikasi permainan bola basket standar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak sekolah dasar. Dasar pemikiran bola basket mini adalah jangan membuat anak-anak memainkan permainan yang tidak cocok untuk perkembangan fisik dan mental, tetapi perubahan permainan dewasa yang sesuai dengan mereka. Karena kemampuan fisik anak-anak dan orang dewasa jelas berbeda.

Terinspirasi dari adanya Volley Ball Mini dan maraknya Futsal akhir-akhir ini, Berawal dari sebuah keprihatinan karena kurangnya minat anak-anak SD dan SMP menggeluti olahraga Bola Basket. Kurangnya minat ini memang sangat beralasan karena olahraga Bola Basket seolah hanya diperuntukkan bagi mereka yang bertubuh tinggi karena ketinggian ring standard adalah 3,05M, bagi anak-anak seumuran mereka tentu akan kesulitan untuk memasukkan bola. Beberapa ketentuan dalam permainan Bola Basket Mini adalah sebagai berikut :
  • Lapangan Permainan, Lapangan permainan berbentuk persegi panjang dengan ukuran Ukuran Lapangan Bola Basket Mini adalah seukuran lapangan Bola Volley, 18 x 9 meter. Jari-jari tengah lapangan adalah 4,5 meter.
  • Jumlah Pemain, Jumlah pemain adalah 4 lawan 4.
  • Lama Permainan, Lama permainan adalah 2 x 10 menit continues (waktu kotor, seperti pertandingan sepakbola)
  • Nilai, Penghitungan angka adalah point 1 untuk memasukkan bola dari dalam area, dan point 2 memasukkan bola dari luar area. Free throw hanya dilakukan sekali, dan hanya dijaga oleh 1 pemain dari masing-masing tim.
  • Papan Pantul, Papan pantul terbuat dari kayu keras tebal 2,8 cm, panjang 180 cm dan lebar 105 cm.
  • Ring, Tinggi ring adalah 2,80 meter, Diameter ring 45 cm. Panjang jaring 45 cm.
  • Tidak ada three second violation, dan 24 second violation diganti 15 second.
lapangan basket
Bola
  • Bola yang dipakai adalah ukuran 5
  • Bola basket terbuat dari bahan karet sintetis dengan permukaan bertotol halus.
  • Berat 460 – 510 gram.
  • Keliling 68,0 – 73,0 cm.
  • Lebar garis sambung maksimal 6,4 mm.
  • Jika dijatuhkan pada ketinggian 1,8 m akan memantul diketinggian 1,2 – 1,4 m.
  • Sesuai standar SNI 1282-2009.
  • Sesuai standar PERBASI / FIBA.

Aturan Permainan Bola Basket Mini
Seperti permainan lainnya, bola basket juga memiliki peraturan permainan yang harus di taati oleh setiap pemain. Mari kita pelajari bersama.
  1. Permulaan permainan : permainan bola basket mini diawali dengan jump ball, yaitu bola dilempar ke atas oleh wasit di tengah lingkaran, di antara dua orang pemain yang berlawanan
  2. Lama Permainan : Lama permainan bola basket mini adalah 2 x 10 menit
  3. Nilai : Penghitungan angka adalah poin 1 untuk memasukkan bola dari dalam area, poin 2 memasukkan bola dari luar area.
  4. Tim bola basket mini terdiri dari 4 pemain setiap regu yang saling bertanding

Teknik Dasar Bola Basket

Teknik dasar tersebut meliputi cara melempar bola, menangkap, menggiring, dan menembak bola.

a. Teknik dasar melempar bola
  • Lemparan setinggi dada (chest pass). Berdiri dengan sikap kaki melangkah. Bola dipegang dengan dua tangan di depan dada, badan sedikit condong ke depan. Tarik sedikit bola ke arah dada kemudian lemparkan bola ke depan dengan cara mendorong. Luruskan kedua lengan bersamaan kaki belakang dilangkahkan ke depan, berat badan dibawa ke depan.
  • Lemparan pantul (bounce pass). Berdiri dengan sikap kaki melangkah. Bola dipegang dengan dua tangan di depan badan, badan sedikit condong ke depan. Lemparkan bola ke depan bawah dengan cara mendorong. Luruskan kedua lengan ke depan bawah bersamaan kaki belakang dilangkahkan ke depan, arah bola memantul ke lantai.
  • Lemparan atas (over head pass). Berdiri dengan sikap awal melangkah. Bola dipegang dengan dua tangan di atas kepala, badan sedikit condong ke depan. Sebagai awalan bola ditarik ke belakang kemudian diluruskan ke depan. Lemparkan bola ke depan dengan cara mengayun kedua tangan, bersamaan kaki belakang dilangkahkan ke depan.

b. Teknik dasar menangkap bola
Berdiri menghadap ke arah datangnya bola, sikap kaki melangkah. Untuk menangkap bola perlu diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan kita. Kedua lengan dijulurkan ke depan menyongsong datangnya bola, kedua telapak tangan menghadap arah datangnya bola. Setelah bola menyentuh telapak tangan, tariklah kedua lengan ke belakang, bersamaan itu tarik kaki depan ke belakang.

c. Teknik dasar menggiring bola
Menggiring bola (dribbling) adalah usaha membawa bola ke depan dengan memantulkan bola ke lantai. Posisi berdiri dengan sikap melangkah, badan condong ke depan. Berat badan bertumpu pada kaki depan. Doronglah bola ke lantai menggunakan telapak tangan dengan sumber gerakan pada siku.
  • Pantulkan bola sebatas pinggang, pandangan ke arah bola.
  • Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi dua:
  • menggiring bola rendah, bertujuan untuk melindungi bola dari lawan;
  • menggiring bola tinggi, untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.

Tujuan memantulkan bola (dribbling), yaitu agar pemain dapat mengarahkan bola dengan cepat sesuai keinginan tanpa banyak hambatan..Variasi teknik dribble dapat dilakukan dengan dua macam, yaitu dribble tinggi dan dribble rendah.
  1. Dribble tinggi dilakukan dengan tujuan untuk menggiring bola sambil berjalan atau berlari yang dilakukan saat posisi pemain jauh dari lawan dan dengan sesegera mungkin masuk ke daerah pertahanan lawan.
  2. Dribble rendah dilakukan dengan tujuan untuk menghindari lawan yang ingin merebut bola. Dribble rendah dilakukan dengan cepat untuk mencari celah agar dapat menerobos pertahanan lawan..

d. Teknik dasar menembak bola

  • Menggunakan dua tangan. Berdiri mengambil sikap melangkah, posisi kaki serong. Bola dipegang dua tangan, jari-jari terbuka, lutut sedikit ditekuk. Dorong bola ke depan atas hingga lengan lurus. Bersamaan itu, pinggul, lutut, dan tumit naik. Lepasnya bola disertai dengan lecutan tangan.
  • Menggunakan satu tangan. Berdiri sikap melangkah menghadap arah gerakan bola. Bola dipegang dengan satu tangan pada bagian bawah. Lutut sedikit ditekuk, tangan yang lain membantu menahan bagian samping bola. Dorong bola ke depan atas menggunakan satu lengan lurus. Bersamaan itu, pinggul, lutut, dan tumit naik. Lepasnya bola disertai dengan lecutan tangan.

Variasi teknik menembak bola ke ring basket dapat dilakukan dengan mengembangkan beberapa gerakan menembak bola. variasi ini dapat dilakukan di tempat atau melompat  dengan satu atau dua tangan yang bertujuan memudahkan bola masuk ke ring.Variasi Teknik menembak bola meliputi :
  1. Tembakan dengan posisi diam di tempat (set shoot) menggunakan satu atau dua tangan
  2. Tembakan dengan melompat (jump shoot)
  3. Menembak bola dengan gerakan lari, melangkah dan melompat (lay up)

Setiap regu basket saat bermain pasti menginginkan regunya menang. Untuk mencapai kemenangan, maka harus dapat mempertahankan daerah dari serangan lawan. Pada permainan bola basket mini jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut referee sedangkan wasit 2 disebut umpire. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:53 PM

11 komentar:

  1. Maaf... bisa disertakan siapa penemu konsep Bola Basket Mini ini?

    ReplyDelete
  2. Tudak ada penemu bola basket mini tetapi penemu bola basket adalah James Naismith

    ReplyDelete
  3. Permainan bola basket mini merupakan hasil modifikas dari permainan bola basket sesungguhnya supaya anak-anak dapat tetap bisa bermain bola basket

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Sama dengan basket biasa jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang

      Delete
  5. Penemu bola basket mini adalah Dr. Prof. james a naismith

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.