Home » » Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan tumbuhan yang sudah sangat di kenal oleh manusia. Tanaman ini memang memiliki banyak keunikan. Salah satu keunikan tersebut dari namanya. Tanaman lidah buaya dinamakan seperti itu mungkin karena bentuknya yang mirip dengan lidah buaya. Orang awam pun tahu salah satu manfaat dari tanaman ini adalah untuk menyuburkan rambut, penyembuhan luka dan juga perawatan pada kulit, Tanaman lidah buaya juga mudah untuk dikembangbiakan. Nah tinggal bagaimana kita mengolah dan memberdayakan yang sudah ada ini untuk di jadikan sebagai tanaman yang bisa multiguna.

Manfaat Lidah Buaya
Salah satu daerah yang banyak terdapat budidaya Aloevera yaitu di daerah Kalimantan Barat (Pontianak). Banyak sekali manfaatnya untuk segi ekonomi, mulai dari menjadikannya hanya untuk tanaman hias sampai dengan mengolahnya untuk dikonsumsi dan maupun menaikkan nilai ekonomi.Tumbuhan Lidah buaya memilki banyak sekali Ragam jenisnya yakni Mencapai 200 Jenis lidah buaya, dari sekian banyak jenis lidah buaya yang paling baik di gunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller,

Untuk Kecantikan
Tanaman lidah buaya banyak dipergunakan untuk berbagai produk kecantikan, seperti krim, lotion, atau sabun. Kandungan lidah buaya di dalam produk kosmetik tersebut membantu meningkatkan kadar oksigen yang be'rguna bagi kulit, membantu menguat­kan jaringan kulit sehingga tidak mengendur, serta mem­bantu mencegahpenuaan dini. 

Kandungan aktif lidah buaya yang telah berhasil dikenali oleh para ahli antara lain: 18 jenis asam amino, 20 mineral, dua belas vitamin, 75 nutrisi, dan banyak senyawa aktif lainnya.Kandungan tersebut sangat bisa digunakan sebagai bahan dasar berbagai kosmetik. Di samping itu, lidah buaya pun baik digunakan untuk membuat shampo. Cara mudah untuk menyuburkan rambut dengan cara memotong daunnya kemudian mengoleskan getah yang keluar (eksudat) langsung di kulit kepala secara berkala. Setelah itu baru dibersihkan dan dibilas. 

Sebagai Bahan Makanan
Ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Daging lidah buaya yang transparan dan seperti jeli telah lama dikonsumsi orang Indonesia. Biasanya daging tanaman ini dipotong-potong dan dimasak dengan air sirup, dijadikan makanan pencuci mulut. Namun di Inggris, lidah buaya diolah menjadi jus. Meminum lidah buaya dapat menyegarkan tubuh secara alami dengan banyak nutrisi. Di dalam lidah buaya  terkandung 200 komponen aktif seperti vitamin A, B1, B2, B3 (niacin), B6, B9 (asam folat), C, dan E. Selain dijadikan jus dan aneka minuman ternyata daun tanaman lidah buaya juga sudah banyak dimanfaatkan menjadi makanan ringan yaitu pudding. 

Obat-obatan
Tanaman lidah buaya membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka. Untuk kegunaan ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, yang juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga

Lidah buaya dapat membantu mengatasi luka bakar, digigit serangga atau masalah pencernaan. Hal ini bisa diperoleh dengan cara meminum lidah buaya sebagai pengobatan secara internal. Jus lidah buaya dipercaya dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan. Minuman ini dibuat dari gel yang dihasilkan oleh lidah buaya.

Tanaman Hias
Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh. Cara penanaman lidah buaya cukup mudah tinggal kita ambil bibit lidah buaya (anakan lidah buaya yang masih kecil) lalu kita tanam seperti tehnik menanam tanaman yang lain.Selain itu, lidah buaya juga dapat hidup di daerah beriklim dingin. Lidah buaya juga sering dijadikan tanaman hias yang memenuhi pot dirumah-rumah, pekarangan, atau lingkungan disekitar kita. Media  tanam yang baik untuk tanaman aloe vera ini terdiri atas campuran satu bagian tanah kebun, satu bagian pupuk kandang atau kompos, satu bagian pasir dan setengah bagian serbuk arang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....