Home » » Manfaat Air bagi Makhluk Hidup

Manfaat Air bagi Makhluk Hidup

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok semua makhluk hidup. Tidak hanya manusia yang membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan pun membutuhkan air. Tanpa air, tidak ada kehidupan di dunia ini. Semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air. Air juga digunakan manusia untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Air begitu penting bagi kehidupan manusia, hewan, dan tanaman. Sangat tepat jika ada yang mengatakan bahwa air merupakan sumber kehidupan.

Manfaat Air bagi Manusia
Sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karen tersedianya Air yang cukup. Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:
  • Keperluan rumah tangga, misalnya air digunakan untuk minum, masak, mandi, mencuci dan mengepel lantai.
  • Keperluan industri, misalnya air digunakan sebagai bahan baku minuman kemasan, selain itu air juga digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang sangat dibutuhkan oleh sektor industri.
  • Keperluan rekreasi dan olah raga, ada beberapa cabang olah raga yang memanfaatkan air sebagai sarananya. Misalnya olahraga renang, selancar, dayung, dan arung jeram.
  • Keperluan pertanian dan peternakan, para petani sangat membutuhkan air dalam jumlah yang banyak untuk mengairi sawah dan lahan pertaniannya. Para peternak juga sangat membutuhkan air untuk memelihara ternak mereka.
  • Keperluan transportasi, misalnya dalam pelayaran sangat membutuhkan air sebagai sarana transportasi. Demikian juga di daerah kalimantan air sungai dimanfaatkan sebagai sarana transportasi penduduk setempat.
manfaat air
Manfaat air bagi hewan
Air merupakan bagian penting dan terbesar dalam tubuh hewan. Air sangat dibutuhkan dalam berbagai keperluan seperti pengaturan suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan zat, produksi susu. Hewan juga membutuhkan air seperti manusia dan tumbuhan, hewan memanfaatkan air untuk keperluan sebagai berikut :
  • Untuk minum, sebagai makhluk hidup hewan memerlukan air untuk metabolisme dalam tubuh hewan.
  • Untuk produksi susu, bagi hewan yang menyusui seperti kambing dan sapi air sangat berperan dalam proses produksi susu.
  • Sebagai tempat hidup, ada beberapa hewan yang hidup dia air, misalnya berbagai jenis ikan , udang, lumba-lumba, dan ikan paus.
  • Hewan juga membutuhkan air untuk membersihkan tubuhnya, misalnya saja kerbau biasanya membersihkan tubuhnya dengan cara masuk ke dalam air.
  • Sebagai alat perlindungan, Kuda nil menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air adalah agar kuda nil bisa menghindari panas terik di siang hari.
  • Sebagai senjata, ikan pemanah adalah penembak jitu di dalam sungai, dan sebuah jet air adalah senjatanya. Dengan bidikan yang tepat, ikan ini mampu mengambil serangga apapun dalam beberapa meter tanpa menggunakan apa-apa selain air yang disemprotkan dari mulutnya.

Manfaat air bagi tumbuhan
Tumbuhan sangat memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. Kekurangan air akan menyebabkan tanaman menjadi kerdil, perkembangannya menjadi tidak normal. Kekurangan yang terjadi terus menerus selama periode pertumbuhan akan menyebabkan tanaman tersebut kemudian mati. Tumbuhan memerlukan air untuk berbagai keperluan, berikut ini adalah beberapa fungsi penting air bagi tumbuhan :
  • Sebagai tempat hidup, ada beberapa jenis tumbuhan yang hidup dia air, misalnya eceng gondok, teratai, dan pandan air.
  • Menjadi pelarut bagi zat hara yang diperlukan tumbuhan. Zat hara yang ada dalam tumbuhan dilarutkan oleh air dan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.
  • Menjadi alat transportasi untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkut dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan - bahan organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.
  • Menjadi bahan dasar pada fotosintesis, tanpa adanya air fotosintesis tidak dapat berlangsung.

Air merupakan Sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan. Karena mempunyai bebagai macam fungsi, antara lain untuk mandi, mencuci dan minum. Bagi hewan dan tumbuhan air juga merupakan bagian ayang sangat peting. Kelestarian air harus tetap dijaga agar kehidupan di muka bumi berlangsung selaras dan seimbang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:56 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....