Home » » Fungsi dan Peran Lembaga Budaya

Fungsi dan Peran Lembaga Budaya

Indonesia merupakan negara kaya akan ragam seni budaya sudah semestinya seluruh rakyat Indonesia berbangga akan keberagaman budayanya. Maka sudah selayaknya bagi bangsa dan masyarakat negeri ini untuk melestarikan dan menjaga ragam seni budaya yang ada di Indonesia ini. Tidak mustahil jika banyak hasil cipta rasa dan karya dalam berbagai adat dan ragam seni budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini selalu dilirik oleh bangsa lain.

Kebudayaan yang kita miliki harus kita lestarikan dan kita kembangkan agar kebudayaan kita tidak luntur atau hilang. Salah satu cara untuk memelihara kekayaan budaya kita adalah melalui lembaga budaya yang ada di masyarakat.
Apa yang dimaksud dengan lembaga budaya ? Lembaga budaya adalah lembaga publik dalam suatu negara yang berperan dalam pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, seni , lingkungan, dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara.

Lembaga-lembaga kebudayaan baik yang berbentuk lembaga swadaya masyarakat (LSM), sanggar, atau paguyuban merupakan elemen lain yang dapat berperan serta dalam pelestarian seni dan budaya. Berikut ini beberapa lembaga budaya yang ada di Indonesia.

Lembaga swadaya masyarakat (LSM)
Lembaga swadaya masyarakat (disingkat LSM) adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh perorangan ataupun sekelompok orang yang secara sukarela yang memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya. Organisasi ini dalam terjemahan harfiahnya dari Bahasa Inggris dikenal juga sebagai Organisasi non pemerintah (disingkat ornop atau ONP (Bahasa Inggris: non-governmental organization; NGO). Salah satu contoh LSM adalah Perkumpulan Kaligrafi dan Seni (Kaligrafi dan Seni Indonesia).

Sanggar
Sanggar adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan suatu kegiatan. Sanggar seni adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk berkegiatan seni seperti seni tari, seni lukis, seni kerajinan atau kriya, seni peran dan lain-lain. Kegiatan yang ada dalam sebuah sanggar seni berupa kegiatan pembelajaran tentang seni, yang meliputi proses dari pembelajaran, penciptaan hingga produksi dan semua proses hampir sebagian besar dilakukan di dalam sanggar (tergantung ada tidaknya fasilitas dalam sanggar). Sanggar Tari merupakan sarana, wadah, untuk berkreatifitas & mengenal tari-tarian yang ada di Indonesia.
sanggar tari
Paguyuban
Paguyuban adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Ciri-ciri kelompok paguyuban : terdapat ikatan batin yang kuat antaranggota, dan hubungan antar anggota bersifat informal. Paguyuban biasanya anggotanya terdiri dari orang yang memiliki latar belakang yang sama. Contohya paguyuban pasundan anggotanya berasal dari suku sunda.

Lembaga Adat
Lembaga Adat adalah sebuah organisasi kemasyarakatan baik yang sengaja dibentuk maupun yang secara wajar telah tumbuh dan berkembang didalam sejarah masyarakat yang bersangkutan atau dalam suatu masyarakat hukum adat tertentu dengan wilayah hukum dan hak atas harta kekayaan di dalam wilayah hukum adat tersebut, serta berhak dan berwenang untuk mengatur, mengurus dan menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan dan mengacu pada adat istiadat dan hukum adat yang berlaku.

Salah satu contoh lembaga adat LKAAM (singkatan dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) adalah sebuah organisasi yang dibuat oleh pemerintah daerah provinsi Sumatera Barat yang bertujuan untuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau di Sumatera Barat.  Tujuan organisasi ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai luhur adat Minangkabau serta mengembangkan falsafat adat Minangkabau yaitu : Adat basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah.

Fungsi dan Peran Lembaga Budaya
Lembaga budaya seperti yang telah diebutkan di atas memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam melestarikan kebudayaan yang kita miliki. Peran dan fungsi lembaga budaya antara lain sebagai berikut.

Fungsi
Fungsi adalah kegunaan suatu hal bagi hidup suatu masyarakat. Dalam hal ini yang dimaksud fingsi lembaga budaya adalah kegunaan lembaga budaya untuk melestarikan kebudayaan tersebut. Fungsi Lembaga Budaya  Sejauh ini lembaga kebudayaan dipandang sebagai elemen masyarakat yang relatif memiliki perhatian dan kepedulian terhadap eksistensi dan kelangsungan seni dan budaya daerah. Dengan adanya lembaga budaya tersebut diharapkan seni dan budaya baik seni dan budaya daerah maupun nasional akan tetap dapat lestari dan berkembang.

Peran
Peran adalah perangkat tingkah yangg diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan dalam masyarakat. Peran dalam hal ini adalah peran lembaga budaya dalam proses mempertahankan kebudayaan yang telah miliki. Peran lembaga budaya adalah melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat. Selain itu lembaga budaya juga berperan dalam pengembangan kebudayaan yang sudah ada saat ini.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....