Home » » Gelas Hias Dari Bambu

Gelas Hias Dari Bambu

Pohon bambu merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh di daerah manapun. Tanaman ini memiliki ragam jenis yang sangat banyak. Melimpahnya persediaan tanaman ini ternyata bisa dijadikan sebagai barang kerajinan. Selama ini masyarakat hanya memanfaatkan batang bambu sebagai bahan bangunan rumah, kini bambu bisa disulap menjadi aneka kerajinan cantik dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Misalnya saja seperti aneka peralatan rumah tangga dari mulai alat makan, tambir, tempat tisu, tempat buah, lampu hias, pigura, serta beberapa hiasan ruangan lainnya.

Kerajinan dari bambu yang akan kita buat dalam tulisan ini adalah gelas dari bambu. Gelas ini murni hanya sebagai hiasan saja, jadi jangan sekali-kali mencobanya untuk alat minum. Untuk membuat gelas ini sangat mudah dan murah. Kita hanya memanfaatkan batang bambu sisa membuat rumah atau bambu bekas yang sudah tidak digunakan. Dengan gelas bambu ini kita dapat membuat aneka hiasan pada permukaan gelas. Untuk membuat kerajinan sederhana ini membutuhkan beberapa alat dan bahan seperti di bawah ini :

Alat
  • Gergaji. Gergaji digunakan untuk memotong bagian bawah dan bagian atas gelas bambu yang akan kita buat. 
  • Pisau besar atau goloh. Golok digunakan untuk membersihkan ruas bambu dan sisa ranting bambu yang masih tertinggal di batang.
  • Kuas, cat. dan palet cat. Ketiga alat ini digunakan untuk memberi ornamen atau menggambar pada tubuh gelas bambu yang kita buat
  • Amplas. Amplas digunakan untuk menghaluskan kulit luar sebelum kulit tersebut dicat dan divernis.

Bahan :
  • Batang bambu. Bagian ini digunakan sebagai bahan dasar gelas yang akan kita buat. Akan lebih bagus jika menggunakan bambu wulung yang sudah kering dan tua.
  • Cat minyak. Cat minyak digunakan untuk membuat ornamen pada gelas.
  • Vernis. Vernis digunakan untuk melapisi bagian luar gelas agar terlihat mengkilap dan lebih menarik.

Cara membuat
Urutan membuat hiasan gelas bambu adalah sebagai berikut :
  • Siapkan batang bambu yang sudah kering dan masih utuh, gunakan batang yang sudah tua. Jika batang masih basah, sebaiknya
    biarkan terlebih dahulu bambu tersebut sampai kering. Jika kita menggunakan batang bambu yang masih basah hasilnya akan kurang baik pada saat pengecatan.
  • Bersihkan ruas-ruas dari mata bambu yang masih tertinggal menggunakan pisau besar(golok). Bersihkan juga sisa-sisa akar dan miang yang masih menempel pada bambu.
  • Gergaji di bawah bagian ruas bambu kira-kira 3 cm dari ruas bambu. Bagian ini nantinya akan menjadi bagian bawah gelas. Potong lagi di atas ruas kira-kira 15 cm di atas ruas. Bagian ini nantinya yang akan menjadi tubuh gelas. Tinggi gelas yang akan kita buat menjadi 18 cm, Jika gelas kurang panjang silahkan tambahkan panjang pada bagian yang ada di atas ruas, sedangkan bagian bawah tetap 3 cm.
  • Setelah dipotong bagian bawah dan atas ruasnya selanjutnya bambu tersebut dihaluskan permukaannya. Gunakan amplas untuk menghaluskan bagian luarnya (kulit). Lakukan pengamplasan sampai benar-benar halus. Bersihkan sisa-sisa amplasan menggunakan lap kering yang bersih.
  • Setelah diamplas, sekarng waktunya kita memberi hiasan pada gelas. Buatlah beberapa ornamen dengan menggunakan kuas. Gunakan beberapa jenis kuas untuk menghasilkan gambar yang kita inginkan. Alternatif untuk membuat ornamen ini adalah dengan menggunakan gambar yang sudah ada, gunakan kertas karbon untuk membuat salinan gambar pada batang bambu.
  • Setelah pembuatan ornamen selesai selanjutnya adalah membiarkan gelas tersebut di tempat yang terang. Angin-anginkan gelas yang telah diberi ornamen dan tunggu hingga benar-benar kering. Untuk mengeringkan gelas ini memerlukan waktu yang lumayan lama agar cat benar-benar kering dan menempel kuat pada batang bambu.
  • Setelah benar-benar kering, lapisi bagian luar gelas dengan vernis agar kelihatan mengkilap. Lakukan pernisan berulang-ulang agar hasil lebih mengkilap. Dan akhirnya gelas bambu siap untuk digunakan sebagai hiasan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....